jika ingin bunuh diri, jangan bunuh orang lain

by aEro

rokok1.jpghisapannya semakin dalam, tampak sekali dia menikmati hisapan demi hisapan yang
dilaklukannya, membiarkan semua ujung saraf perasanya bersinggungan dengan asap yang mengalir menuju paru-paru. meresapi tiap hisapan, secara perlahan. siang yang panas, dia seakan tak peduli seraya menghembuskan asap hitam mengepul dari mulutnya. orang-orang di sekitarnya dipaksa menghirup racun nikotin yang dihembuskannya. benar-benar tak tahu diri!.

“gak punya otak apa ya? ini kan bus umum, merokok seenak perutnya” kata seorang ibu yang duduk di depanku
“otaknya sudah jadi gumpalan asap bu, wajar kalo dia gak mikir” timpal perempuan muda yang duduk di sampingnya

***

pemandangan begitu akan mudah dijumpai dimana-mana, bukan perkara aneh. wajar jika mereka (para perokok) itu sudah tak ambil pusing terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. sementara mereka saja tidak menemukan alur logika untuk mengenali ke-sampah-an rokok itu. teman-teman saya mengakui bahwa rokok dapat mengurangi gejala stress. tapi, yang terjadi justru akumulasi penyebab stress.

silahkan merokok, itu hak anda. tapi, jangan rebut hak orang lain untuk menikmati udara bersih dan sehat.

***

udara makin panas, bis butut yang rombeng khas angkutan jogja ini berjalan merayap. asap makin mnegepul, bercampur dengan debu yang berterbangan.

“ehh mas, jangan seenaknya aja dong ngerokok, ini tuh tempat umum” tiba2 saya membentak!! tapi dengan suara yang tak keluar, hanya gerutuan di dalam hati. tak punya nyali!

bodoh!!

bis tetap berjalan pelan, asap makin pekat, udara semakin panas.

25 Tanggapan to “jika ingin bunuh diri, jangan bunuh orang lain”

  1. aEro Says:

    berhubung gw ga pernah jadi yang pertamax di posting para penghuni lain dari blog ini, maka dengan ini gw nyatakan, posisi pertamax pada post, gw bajak.
    jangan sirik!:mrgreen:

    # Jack 2 aEro
    haiyah posting sendiri, koment sendiri… kekekekkk
    sori, mampir doang bentaran. blom sempet koment, Ro…
    jagain blog kita inih baek2 yah, secara kamu doang kan yg belom kerja…
    kl kurang aqua, indomie ama beras abis, minta duit nya ama Iwan tuh, ato lu namu ajah ke rumah Ayuk…
    gyahahaaaa…!!! *kabuuurrr*

  2. icha Says:

    hihihi…dasar aero… terobsesi tuk jadi yg pertama … selalu diduain yah kau??? kekekekek

    ohya soal rokok… mending pemerintah gak cuma nulis2 pemberitahuan..kalo rokok itu membahayakan kesehatan.
    Salah satunya cara juga bukan nutup pabrik rokok … secara kasian buruh2nya malah keilangan pekerjaan..dan tukang2 rokok pinggir jalan juga bisa binasa…
    mending harga rokok dinaikin semahal2nya … sebungkus jd Rp.40.000. sama harganya sengan sebungkus gudang garam di eropah jg harganya segitu.
    Nah kalo dah gitu..pasti banyak bangeeetttt deh yg bakal tiba2 mendadak berenti ngerokok!!! …. itu sudah dipraktekkan kepada student2 indonesia yg kuliah di eropa…yg tiba2 mendadak hidup sehat gara2 harga rokok mahal!!!!
    moga ada seseorang dijajaran pemerintah yg baca blog ini….*apa segh??*

    #Icha
    apa gw taro di koran aja kali yah koment lo ini… kekeke

  3. aLe Says:

    Ketigax™😆

    # Jack 2 aLe
    haiyah, gak penting banget deh…

    KEEMPATX!!! *wakakakkk*

  4. Rystiono Says:

    Wah…

    Kalo aku sih nggak merokok…juga nggak melarang orang untuk merokok…

    Silahkan merokok, kalo nggak ganggu aku…

    Kalo ganggu, aku liat dulu posisi tawarku. Kalo aku menang posisi, ya mereka aku suruh menyingkir. Kalo kalah ya aku yang menyingkir….

    Mmm…kalo di kendaraan umum sih lum pernah sih…soalnya jarang banget naik kendaraan umum. Sejak SD sampe SMA, sekolahku berada radius 3Km dari rumah. Jalan kaki nggak lebih dari 10 menit.

    Kalo sekarang kuliah? Hehehhe…bawa motor sendiri…

    Btw, Juleha sayang mana nih? Kok lum komentar?

    * sembunyi sambil liatin kalo-kalo Jule datang *

    # Jack 2 Rystiono
    halah, nyari-in si Julie mulu, neh…
    boro2 dia bisa komentar, gua aja yg gak kemana2 belom sempet komentar neh…
    *ngumpet nya jangan sekarang, org nya belom ada…*

  5. aLe Says:

    Merokok itu nikmat *waktu dulu msh ngrokok*

    Merokok itu gak bisa beli pulsa *skr uda gak ngrokok, jd ud bs beli pulsa*😀

    #aLe
    wah… hikmah nya ga ngeroko tuh ye…

  6. almascatie Says:

    yeahhhh hajar aja yang merokok didalam bis
    *memalukan kaum perokok!!!*👿

    #Almascatie
    asik kali yeh kalo bisa maen hajar aja tanpa permisi kalo ga setuju suatu hal… hehehee

  7. kurtubi Says:

    yupe.. merokok tidak dilarang yang dilarang merokok di tempat sumpek: bus, gang senggol, dalam kamar, wc (tapi kalau sendirian sih boleh kan)🙂

    #Kurtubi
    atur aja deh Pak… hahaha

  8. kurtubi Says:

    saatnya orang-orang yang merasa mau dibunuh sama si “pembunuh diri” (perokok) maka ayo dilawan sekalian… ciaaaat! 🙄

    #Kurtubi
    kekekekekkk…

  9. Mihael "D.B." Ellinsworth Says:

    Awalnya, saya kira ini adalah peringatan bagi orang yang memang berniat bunuh diri.😀

    ——-

    Tepat, para penebar asap itu memang terkadang tak tahu diri. Di tempat manapun, akan selalu ada orang yang seenak jidat menyalakan rokok kretek. Sampai ada banyak orang yang sadar, tentunya.🙂

    #Mihael “DB” E
    sampai ada banyak orang sadar??? halah, kaya nya lebih pantes : sampai sadar banyak orang mati karena nya… hehe

  10. Eucalyptus Says:

    Hu hu hu….. speechless deh, secara laki gw, adik gw, ipar gw kebanyakan pecandu rokok (kita julukin mereka “AHLI HISAB”)…. Gw klo ngelarang laki gw malah jadi berantem, padahal anak2nya semua dah bilang rokok itu gak baek bagi kesehatan. Sampai anak gw nyodorin buku IPA-nya yg ada tulisan ttg kandungan racum2 dalam rokok…., papanya malah becanda2 bikin kesel gw yang denger aje. Kayanya klo mau berhenti ngerokok harus kemauan si perokok itu sendiri, percuma deh kalo kita yang minta, buang2 energi aja….

    #Eucalyptus
    pisss… hayo jangan pada berantem ah…
    tp satojo banget ama mbak strobery, brenti ngeroko harus dari diri ybs

  11. diana Says:

    suamiku tercinta berhenti merokok gara2 batuk darah. padahal jauh hari sebelonnya udah ditereakin untuk berhenti. sekarang, hobi makan tuh orang! gak papah deh yang penting sehat…

    buat para perokok: daripada ngerokok, mendingan jilatin aspal panas. kenapa? bukankah salah satu kandungan rokok itu adalah pembuat aspal jalanan itu????jilatin deh sepuasnya…hehehehe..gratis lagi!!!gak perlu beli2…

    buat pemerintah: pajak rokok naekin 100% dong!!!!!!!!!!! biar pada gak ngerokok lagi!!!! *marah mode on*

    #Diana
    kekekekkk… kabuuurrr… ada yg ngamuk…

  12. Kurt Says:

    apakah benar pengertian dari artikel ini:
    “sebelum membunuh orang lain, bunuhlah dirinya sendiri” gak jadi bunuh kan ?

    # Jack 2 Kurt
    hihihiiii… jadi gak ya…

  13. asmus Says:

    hmm…bener… sesuai iklan layanan masyarakat : “enaknya sendiri, sakitnya bagi-bagi”

    #Asmus
    Iye Mus, bener lo

  14. cuties Says:

    hu-uh, aku juga kesel abis papa gak bisa dibilang, kan udah bau, jadi perokok pasif, HU-UH! KESEEEEEEEEEEEEELL!
    kan lebih bahaya perokok pasif daripada yang ngerokok (pengetahuan juga nih)! Udah ratusan kali dibilang juga percuma! nggak ngerokok klo puasa, pas buka, eh langsung ngerokok lagi! Kayak nggak ada kerjaan aja! Mendingan baca Al Qur’an kek atau pelajari buku IPA ku tentang rokok! Kan sayang setiap hari uang dibuang buat jadi abu, mending sehat, inikan bikin cepet sakit tahhhuu!! Kulit jadi cepet kelupas kan jelek, dibawah kuku jari jadi lebih gelap, mulut jadi bau, gigi jadi kuning (lho, lho, kok jadi ngawur ke pelajaran IPA? ya, udah deh udah terlanjur, pelajari tuh!) Kan penyebabnya banyak, kanker, sesak nafas, banyak lho kandungan rokok yang buat kanker, ada bahan racun tikus, bahan roket, gas utk hukuman mati, karbon monoksida, aseton, dmbl (dan masih banyak lagi)!! Jadi, tolong ya yang udah baca ini jangan coba-coba merokok atau yang sudah berhenti ya! Karena merokok termasuk dosa, menzhalimi diri sendiri soalnya,, OKEY!! dan aku sangat teramat benci banget sama yang namanya “ROKOK”!!!

    #Cuties
    hidup Cutie… hebat, hebat…

  15. kuchikuchi Says:

    knapa ga dibentak aja tu org. ato kibas2in tangan di depan mukanya sambil pura2 kecekek mau mati..itu sih taktik saya biasanya..walau biasanya mereka mbadak juga ya..=_=

    #kuchikuchi
    kekekekkk…ngebentak perlu nyali *ngeri org itu malah lebih galak*
    acting pura2 kecekek mo mati… mmmm gyahahaaa… bukan aktor

  16. reza Says:

    karena itu, saya yg cuma perokok kambuhan ini, selalu mengepulkan asap tidak ke arah orang sekitar. itu cara saya menghormati yg tdk merokok.

    -salam kenal-
    nice posting

    #Reza
    semoga kebiasaan merokok nya ga kambuh2 lagi yah pak…

  17. Ofa Says:

    Alhamdulillah… dapat suami yang bukan perokok🙂
    Secara Ofa juga sering kesel nie ma temen sebelah meja, masa’ sie ngerokok di ruangan. Ini kan ruangan AC…heks.. modar nyium asepnya😦

    Waktu Ofa hamil… habissssss dia Ofa omelin tiap hari, dan Alhamdulillah now dia dah ngerti…. dan selalu bilang gini :” mo ngerokok ada mba Mus nie… jadi gak enak”. Now bahkan sampe’ OB & Security kalo’ ngerokok ada Ofa suka kabur sendiri🙂

    Sukanya lagi… Mgr Ofa yang sekarang ngasih warning juga kalo gak boleh ngerokok di ruangan… HOREEEEEEEEEEE…. Ofa girangggg bangets🙂

    #Ofa
    dasar aja tuh Mba, temen nya norak ga punya otak… masa ruangan AC ngerokok

  18. Ani Says:

    Sebelum married, suamiku perokok berat. Habis married dan tahu aku hamil, dan baca2 buku kesehatan utk ibu hamil & bayi. Eh, tiba2 dia memutuskan berhenti merokok tanpa kuminta.
    Awalnya sih susah banget kayaknya, rokok di ganti permen, sekarang nggak rokok dan nggak permen, badan jadi lebih berisi dan sehat.
    Berhenti merokok itu memang harus dari hati orang itu sendiri, jgn ada yg nyuruh. Tapi aku sebel banget kalau di angkutan umum ada yg ngerokok dan asapnya ngepul ke mana-mana, bikin sesak napas ajah.
    Harusnya ada peraturan ngerokok di tempat umum bakal di denda !

    #Ani
    sepertinya sih udah ada mba, tapi ga jalan deh peraturan itu… biasalah orang kita… cincai lah… haiyaaaa

  19. ghostwantdie Says:

    Jujur pas baca judul ini aq teringat masalah yang sdg aq dihdpi sekarang. cuma versinya aja agak beda. Ceritanya gini temen q ngambil barang isi dalam komputer kayak Ram, motherboard,pocessor and parahnya lagi bukan cuma satu unit komputer aja yang diambil, taksirannya sih bisa mncapai 5 jutaan. maslahnya Aq kok ikut2an di introgasi sebagai Tersangka. masalah ini sih masih di selesaikan secara kekeluargaan cuma problemnya ia hanya mau ngaku kalo ia ngambil 3 buah Ram n nyuruh aq seolah olah ga’ tau menau. ya kalo sebatas kekeluargaan sih aq ga masalah bicara bohong tapi kalo sudah kepolisi “mana tahu”. kalo secara kepolisian sih aq aman karena banyak saksi kalo bukan aq yang ngambil. yang jadi pikiran q kalo jujur Aq ga enakan sama dia kalo ga jujur aq di tuduh melindungi tersangka.
    orang yang makan nangka aq yang kena getahnya
    jika ingin bunuh diri, jangan bunuh orang lain dong!!!!!!

    #Ghostwantdie
    gyahahaaaa… asli curhat nih… Oke, oke… memang disini tempat nya koq…

  20. diana Says:

    yang diatasku gak nyambung! jaka sembung bawa gitar…ngamen yuk😀

    #Diana
    ga papah, tanteh… kan ini blog curhat…

  21. Rystiono Says:

    Iya nich…nggak nyambung sama sekali…

    #Rystiono
    Oy! gapapa, tauuu… masih nyambung koq, mengingat ini adalah blog curhat.
    Lo kalo mo curhat di sini juga boleh

  22. mataharicinta Says:

    hehehe, maksud yang diatas itu bukan sama rokoknya kali. tapi sama judul tulisan mas aero diatas, kekekekkek….

    hm…buat slogan baru ah ke tukang sablon.
    *ganyang perokok indonesia*

    abis itu dipasang di depan pabrik rokok:)

    #Mataharicinta
    heheheee… lucu juga Mba..

  23. fafaahmad Says:

    Numpang curhat ya…
    paling sebel kalo pas bulan puasa. Udah tenggorokan kering, eh, ada yang ngerokok di bis…
    Bertubi-tubilah penderitaan ini, dongkol karena gak ada toleransinya sama sekali untuk yang puasa, terus bikin gatel tenggorokan pula…
    sabar…sabar…

    #Fafa Ahmad
    ya sih.. apalagi pake acara tambahan : ada yg bau ketek!
    masya Allah.. puasanya langsung batal.. hahahaaa

  24. Igro Says:

    Saya tidak merokok, tapi Saya penjual rokok… Bisnis jualan rokok sangat besar untungnya men. Kalo rokok dilarang anak bini saya makan apa?

    #IGRO
    makan nasi kan..?

  25. Adia Says:

    adow..
    sami jeng abdi yeuh.. (baca: sama dengan sayah)
    Jd inget Bp. Taufik Ismail, beliau pernah tulis puisi bhw Indonesia memang “surga sembilan senti” maksudnya ya rokok itu.

    Kalo sayah langsung tutup idung, pelototin orangnya, trus kabuuuurrrr (tinggalkan tempat segera…segera…sebisanya !)

    #Adia
    heheee…. asal jgn dikejar gara2 dipelototin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: