Salah Asuhan?

By : Julia van De Carpentier

Haluuuuuuuuuuuuuuuuuu…
Hahahaaa… ga enak neh, dateng2 langsung curhat.
Abisnya sedih juga neh liat markas kosong melompong gene, bangku di ruang tamu pada tebalik, meja pada bedebu, toples pada kosong (lha… emang nya ada…? Kekekekkk…)

Mo curhat dooong… secara udah lama ga curhat di sini, soalnya semua kru pada tugas luar. Pergi sejauh2nya, termasuk gue… Asiiikkk… banyak pergi brarti banyak duit… banyak duit brarti banyak oleh2… amiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn…

Oleh2nya cerita aja yah…
Ini-nih mo cerita waktu gue kemaren itu tugas di Jogja yg nota bene kota pelajar.
Critanya gue mampir di suatu warnet. Biasalah gue kirim laporan kerjaan skalian cek imel pribadi.

Lagi srius nge net tau2 masuk tiga orang anak kecil, 2 cewe 1 cowo, kira2 kelas 3 ato 4 SD gitu deh. 2 anak cewe itu barengan 1 kompi, yg cowo disebelahnya. Masih heran dg kedatangan 3 anak kecil tadi, tau2 masuk segerombolan lagi anak kecil, 4 cowo seumuran 3 anak kecil tadi yg langsung ambil 1 kompi lagi sambil cengar-cengir ke anak2 yg dating duluan tadi. Berarti gank nya nh…

Gue jadi penasaran… mo ngapain sih gank bocah ini? Buka situs apa mereka?

Soalnya si anak cewe yg satu itu bolak-balik dari kompi satu ke kompi lain nya. Halah, gayanya udah kaya instruktur aja tu anak. Tambah bikin penasaran, pada ngapain sih tuyul2 itu… bikin tugas sekolah? Kaya iklan di tv itu…? Masa sih…?! Soalnya gaya mereka tuh mencurigakan banget…

Karna pertimbangan ga etis kalo harus ngintip kompi mereka *walo mereka anak kecil*, akhirnya gue ke operator warnet, yg kebetulan gue kenal karna selama gue tugas di sana gue langganan warnet situ.

Lha ternyata si operator ini dari tadi curiga dg kegiatan gank bocah itu dan udah ngambil prosedur tindakan untuk mengantisipasi hal2 kaya gini dg memantau billing explorer di kompi nya.

Tau ga, key word apa yg diketik gank bocah itu? PORNO! Kata itu yg di ketik bocah2 segede upil itu buat ditanyain ke Mbah Google!

Ga nyangka ya, bocah2 masih ijo begitu mahirnya pake google untuk searching situs2 dewasa… Masya Allaaah… bayangkan!

Yang paling bikin ngenes, bocah cewe yang satu itu keliatannya paham betul cara akses situs2 dewasa, sampe pinter banget ngajarin temen2 nya yg cowo. Aduh neng… mo jadi apa kamu ini kalo udah gede nanti… Masih bau kencur udah begitu liarnya, asik dg hal yg ngga2 padahal seharusnya kamu lagi main boneka ato congklak dg temen2 sebaya…

Gue yg ga paham urusan warnet, ga ngerti harus gimana. Si operater pun bingung kudu ngapain. Menurut curhatan dia sekilas tadi, dia bingung dan serba salah karna berada dalam dua pilihan yang sulit…

  1. Melarang gank bocah secara langsung sambil menggelandang warnet dg resiko dipalu ama bos nya *koq dipalu sih…? emangnya paku…!
  2. Biarin ajalah, sambil memendam rasa bersalah ngediemin anak bau kencur jadi rusak gara2 situs porno. Nah kalo pulang dari sini bocah2 itu langsung praktek gimana…?

Nah lho! Gue jadi tambah bingung… Gue pun ga ngerti harus gimana, secara itu bukan warnet gue & bukan warnet milik si operator itu juga. Kalo gank bocah itu anak gue, ato ponakan gue, gampang ajah tinggal gue jewer bawa pulang, hukum kurung di kamar suruh sholat tobat trus introgasi siapa yg ngajarin buka2 situs gituan sambil ultimatum ga boleh maen ama dia apalagi mengulangi buka2 situs dewasa (aduuuh… amit2 deh, naudzubillahi min dzaliq anak keturunan gue sampe bengalnya kaya gank bocah itu…)

Setelah dipikir2 lagi dg berbagai pertimbangan, akhirnya si operator itu men destroy and kill semua situs porno yg dibuka gank bocah itu. Bagusnya cara ini cukup efektif, soalnya bocah2 itu pada kelimpungan karena ga bisa buka situs2 itu lagi. Ga lama, merekapun keluar dan menyudahi kegiatan mengintip situs dewasa sambil ngeborong jajanan yg ada. Lumayan deh, akhirnya gue & si operator bisa bernapas lega tanpa harus mengusir gank bocah itu berlama2 asik di dunia maya dg resiko si operator kena palu dari bos nya.

14 Tanggapan to “Salah Asuhan?”

  1. eka Says:

    waduh…gawat juga nie generasi penerus bangsa kita….

    #Eka
    iya… diem2 gawat & menghawatirkan

  2. Eucalyptus Says:

    Juleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee….. kemana aje dikau? Baca postingan lo bikin gw jadi speechless deh…. miris banget, gak ngebayang klo anak2 gw buka situs porn. Padahal kamar2 anak gw ada sambungan internetnya. Cuman sekali2 gw suka cek internetnya, alhamdulillah seh gak ada yg aneh. Mereka cuman buka friendster-nya aja..

    #Mbak Kaktus Strobery
    ya sukur lah Tus… secara anak2 lo cewe smua gitu n anak yg gue liat cewe juga komandan nya… hhh…

  3. Rystiono Says:

    Waduh…akhirnya Jule kembali…padahal aku hampir saja berpaling kepada cinta yang lain. Hihihi…

    * ambil tameng *

    Kalo ngomongin masalah ginian, sedih rasanya. Kalo di warnet aku, anak-anak nggak boleh nge-net tanpa ada orang dewasa yang mendampingi. Aku nggak peduli kalo kehilangan 10-100rb, yang penting halal.

    Kalo yang dewasa…biarin aja, resiko ditanggung sendiri. Lagipula mubadzir banget buka gituan di internet, ngabisin bandwidth aja…lebih baik kayak aku, liat2 doank. Kalo ada ya diliat, kalo nggak ya nggak nyari. Hihihi…

    * kabuuuur… *

    #Rystiono
    halah, sama aja lo…! dasar kutu kupret
    nah elo sih warnet lo sendiri, mo ngapaen aja ga bakalan dipalu bos lo.
    dasar

  4. kolor-bolong Says:

    Itu mah dah biasa… apa sih yang anak kecil sekarang ga tau ? ngrokok udah.. ngobat banyak yg coba2, akses situs porno biasa…. , sebenarnya peran orang tua penting dan lingkungan juga pengaruh… pendidikan agama dan kehidupan rumah tangga yang harmonis membuat anak nyaman dan terproteksi. Jadi bukan salah si anak kalo menjadi begitu… saya salut dng Jule… bisa proteksi langsung dng si operator. Sip….
    Tapi kalo mampir ke blog saya, jangan geleng2 ya… cuma menghibur bagi yang merasa terhibur…. kalo nggak terhibur ya udah…. hehehe

    #Kolor Bolong
    dasaaarrr…! mendingan gue geleng2 dari pada gue sambit elo pake spatu!!!
    plih mana…

  5. novee Says:

    waduw… kolaborasi yg sehat antara Juleha dg penjaga warnet…
    duet maut niy… wakakakkk… *ketawa guling2*
    sep-sep-seeppp…

    #Novee
    duet maut???
    lo pikir kita Uut Permatasari ama Anisa Bahar???
    grrrr….

  6. icha Says:

    weleeehhh akhirnya apdet juga niy blog…

    wahh..banyak kalee jaman sekarang yg demen buka2 situs begituan … dr anak ingusan, mpe kakek2 yg dah impoten..

    maka ituh dimesir sini… para syekh2 ..kalo ceramah, selalu mengmandangkan kalo ol diineternet itu hukumnya HARAM!!!..yah ituh..bertitik tolak dr situs2 gak jelas ituh…
    secara si syekh kagak bisa ngeblog!!!

    #Icha
    hahahaaa… lo ajarin lah mereka ngeblog tuh biar tau…
    kakek2 impoten? buseeettt… dasar Mbak Mesir nih, bisa aja!

  7. Rystiono Says:

    @bunda Icha:
    Yach harap maklum, secara syekh2 itu pengetahuannya cuman segitu. Disini juga banyak “kyai kampung” yang begitu. Bilang kalo “internet itu haram”. Ja elah, kalo gitu kapan bisa maju yach…

    Ibarat kata ni ya, mereka cuman tau gajah belalainya doank. Jadi mereka ngira klo gajah itu mirip ma ular. * halah *

    #Rystiono
    gyahahaaa… gitu yah?

  8. asmus Says:

    wadow…… kagak aneh lagi nih…. anak2 SMP disini juga gitu

    #Asmus
    di Kuningan juga? huh parah ternyata yah

  9. devino Says:

    yah, mengingatkan gw pada masa kanak2 gw,,,

    ooops,, salah omong gw,, :p
    kebongkar dah rahasia gw

    #Devino
    o-ow… kamu keceplosan…

  10. mankarya Says:

    ikut nimbrung ja deh

    #Mankarya
    nimbrung liat bareng gank bocah??? hehe

  11. diana Says:

    nah trus, anak2 tadi balik lagi ke warnet temen lo kagak? apa malah cari warnet laen???? SIAPA SIH ORANG TUANYAAAA????? *marah sambil ngos2an* ampyuuunnnn…tobat..tobat…

    -romanpicisan.blogspot-

    #Diana
    kekekekkk… marah nya sambil panjat tebing bawa ransel kaya nya tuh…
    sapa ya ortu nya… belom nanya tuh tante… heheee
    kaya nya siy anak2 itu ga balik lagi, secara duit nya udah abis buat jajan coklat di etalase warnet heheee

  12. Rystiono Says:

    Sabar….sabar mbak Diana….

    Orang sabar disayang tuhan… *halah OOT*

    #Rystiono
    tolong berilah tanteh Diana napas buatan, Wan…
    cek dulu, napas lo bau jengkol ga. kalo kaga, ya elo harus makan jengkol dulu lah…
    *kan biar cepet siuman…*

  13. sari pink Says:

    hai

    #Sari Pink
    hai juga

  14. Free WP Theme Says:

    Dan apakah orang tua dari masing-masing bocah tersebut turut andil dalam kesalah kaprahan tersebut? Ataukah penguasa negeri ini yang patut dipersalahkan karena dengan berbagai aturan dan teknik nya yang berhasil memaksa para orang tua untuk menghabiskan waktunya banting tulang demi menghidupi keluarganya? Well its really sucks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: