Happy Valentine’s Day…!

By : Julia van De Carpentier

Huaduuuh… ternyata gue sendirian aje di blog curhat ini?
Maap ya temens, kita emang lagi mencar2 lokasi. Lagi ga kompak nih.
Jadi masing2 sesempetnya aja nengok markas ini. Blakangan ini waktu emang lagi sempit banget.
Trima kasih banyak untuk yg udah mampir… Tapi ma’ap yah belom sempet kunjungan balik. Ma’ap kanlah kami ya…
Lagi pengen menuai badai komentar hujatan neh…
So gue hari ini posting nyari gara-gara *huahahahaaaa…*

Pertama-tama…
Gong Xi Fa Cai buat siapapun yg merayakannya…
Smoga tambah sukses, dikasih kesehatan, kebahagiaan & banyak rejeki.
Gua ga merayakan, tapi gue ikut meramaikan. Secara gue ini biarpun muslim & berjilbab pula tapi terus terang masih keturunan sana. So gue sih asik2 aja. Bokap gue itu babenye (Opa gue…) orang Belanda-Armenia dan enyaknye (Oma gue) orang Cina-Betawi. Sedangkan Nyokap gue sih orang jawa. So ga ada yang salah kan dg keturunan gue…? Awalnya Opa gue Katholik sedangkan Oma gue, walopun Cina, Beliau Islam dari lahir. Suatu ketika, Opa gue yg datang ke Indonesia dibawa ayahnya yg seorang insinyur kreta api, lalu mendapat hidayah dan menemukan jalan yang benar untuk arah hidupnya. Beliau mempelajari Islam dari A-Z di Kuningan Jawa Barat.
Ya gitu deh, itu garis besarnya aja coz gue disini bukan mo nyeritain sisilah keluarga gue. Buat garis besar doang biar nyambung…

Nah kemaren itu gue ikut makan2 dg sahabat2 gue yg bermata sipit kaya gue heheheee… Emang sih kliatan banget mencoloknya antara gue yg berjilbab dg mereka yg sebagian ber tanktop. Tapi ga ada masalah sih… asik2 aja. Secara mereka masih manusia juga dan bagi gue mereka adalah sahabat baik.
Buat apa punya sahabat yg satu aqidah tapi orangnya nyebelin, ga setia kawan, pelit, blagu, sok dll sifat yg jelek2. Bagi gue, orang yang baik tuh bukan apa aqidah nya, tapi personal nya.
Siapapun yg baik secara personal, pasti gue temenin. Tapi mahluk yg punya sifat buruk dari A-Z walo se aqidah ama gue, silahkan aja go to hell. Gue ga mao cape buang waktu bergaul ama yg begituan. Aqidah itu urusan bathin seseorang dg Sang Khalik, jadi ga usah sok paling suci & benar. Yakini aja apa yg dianut masing2. Setau gue, di akhirat nanti banyak juga koq alim ulama yg masuk neraka. Ini yg bisa mempertegas pernyataan gue, bahwa orang tuh yg penting personalnya. Kalo aqidahnya sudah benar tp secara personal kelakuan nya ga bener? Wuek!
Hahahaaa… makanya jangan deh pada sok paling suci mentang2 wujud nya udah kaya orang alim, kalo ternyata ga punya temen & banyak orang ga suka. Itu something wrong nya pasti bukan di orang-orang, tapi di diri dia.

Mo sedikit menyisipkan cerita nih…
Ada temen gue yg busana muslim nya jilbab tertutup dan gombrong dari atas ampe bawah. Si orang ini amat sangat tertutup, boro2 bersosialisasi ngobrol & menyapa, bahkan sekedar senyum ke gue yg sesama muslim pun dia ga mau. Kalo menatap orang lain tuh seolah2 sedang melihat para pendosa. Dia sendirian. Asli sendirian. Sering banget gue ngebathin… Ya Allah, dia kah calon penghuni surga Mu…? Mahluk yg kaya gitu ya Allah…? *sambil garuk-garuk kepala yg ga gatel*

Kembali ke masalah Gong Xi fa Cai…
Selain gue punya beberapa sahabat keturunan Cina, beberapa sodara gue pun ada yg menikah dg orang Cina. Ga masalah, apalagi si orang Cina itu masuk Islam, lalu anak2 keturunan mereka pun muslim yg Insya Allah kaffah. Walo terlahir dg mata sipit & berkulit kuning, yg perempuan smua nya berjilbab.
Merekapun tetap sayang dan hormat pada kakek-nenek mereka dari pihak sana walo nota bene berbeda aqidah. Keluarga pihak sana pun ga ada masalah dg semua perbedaan itu dan berhubungan wajar seperti keluarga besar lain nya yg ga punya perbedaan aqidah. Jalan2 ato makan bersama ke restoran, ga masalah walo keliatan banget perbedaan nya.
Tapi bukankah berbeda itu justru indah… bunga saja tanpa daun, dimana indah nya? Satu wajah isinya mata smua tanpa bibir seksi, hidung bangir ato alis bak semut beriring? Rasanya sungguh2 pemandangan yg menyeramkan…

Kasus keluarga gue lain nya, ada satu sepupu gue, yg seumuran dan dari kecil jadi temen maen gue. Yg tiba2 aja setahun yang lalu menikah & pindah aqidah ikut agama suaminya menjadi Hindu.
HAH???!!! Sempet shock berat karna gue biasa tarawih bareng saat Ramadhan, koq bisa sih dia pindah aqidah demi sang arjuna dari Bali itu…
Tapi yah… itu urusan dia tho? Dia dg tuhan nya. Bukan urusan gue apalagi dia kan sudah dewasa. Tugas gue sudah selesai waktu gue mencoba mengingatkan dia akan Allah berkali2. Tapi keputusan dia sudah bulat, jadi yah monggo… silahkan kau menikah dg nya, Sist…
Gue plus nyokap-bokap gue pun ga terkejut lagi waktu menyaksikan pernikahan nya di Bali, betapa dia dg fasihnya mengucapkan akad nikah tanpa teks dg bahasa yg ga gue mengerti sama skali. Trus baca do’a usai pernikahan bersama2.
Masya Allah, ternyata lo udah siap banget menjadi Hindu, ya Sist…

Crita lain nya… sebagaimana yg gue kisahkan di awal, saat ini gue punya beberapa keluarga yg Katholik. Tiap Natal kluarga gue pasti datang ke rumah mereka, layaknya mereka datang pas Idul Fitri ke rumah kami. Biasa aja, ga ada yg aneh ato dilarang2…
Hai sodaraku semua… Slamat Natal yah…
Walo ada yg mem fatwa kan bahwa haram mengucapkan selamat natal pada orang Kristen, tapi terus terang gue ga mikirin. Gue pikir, salah gue dimana? Gue menyembah Allah yg satu. Gue mengucapkan selamat natal pada sodara2 gue dan beberapa sahabat gue yg Kristen, apakah itu berarti gue pindah aqidah menjadi Kristen juga? Halah! Dimana logikanya? Plis deh!

Asal tau aja ya, soal aqidah orang lain jangan sok ngatur yg berlebihan!
Sepanjang gue bershahadat, sholat 5 waktu, mengaji, puasa, ber zakat, menjalan kan perintah Nya, menjauhi larangan Nya, ga ada yg bisa ngatur2 gue urusan hablu minannas : hubungan gue dg manusia laen di dunia ini. Banyak tuh orang2 yg ikutan mengharamkan mengucapkan natal pada orang Kristen tapi dirinya sering berbuat dosa. Dan ini bukan fitnah. So kerjain dulu lah yg inti buat diri kalian, sedangkan yg kecil2 gini jangan sok mau ngurusin juga. Heheee…
Jadi selama hati dan jiwa gue isinya hanya satu : Allah swt, gue ga perduli orang lain bilang gue kafir hanya karna gue bilang selamat natal pada orang Kristen.
Hahahaaa… emang gue pikirin??!! Ga ngaruh, siapa elo?

Silahkan aja bersusah payah berargumen ini-itu, tapi jangan paksakan argumen itu buat pegangan hidup gue. Pake aja argumen2 model gituan buat diri kalian sendiri. Gue ga ikutan urusan ribet kaya gitu. Untuk kelakuan gue, ini sih hablu minallah : urusan gue dg Tuhan. Orang laen ga usah ikut capur.
*yg nunggang-nungging sholat tahajud tiap malem pun belom tentu lebih suci dari gue koq, kalo hati nya masih aja penuh prasangka ama orang laen…*

Trahir nih, yg paling spektakuler dan mungkin bakalan paling menuai badai komentar dari yg baca…

Gue ga masalah dg Valentine’s Day! Heheheeee…
Gue akan mengucapkan Happy Valentine kalo gue mao, ga peduli ada orang laen yg bilang itu kafir, sesat dll.
Kenapa? Mo marah? Marah aja sana… Heheheee…
Sejak SMA bahkan sampe sekarang, gw ada beberapa kali ngerayain Valentine’s Day dg sahabat2 gue. Tukeran kado, kirim ucapan bahwa gue sayang ama mereka. Itu udah biasa, cing!
Gue ga perduli dg selebaran2 tentang fatwa haram nya perayaan itu buat orang Islam. Silahkan aja bikin selebaran yg banyak & berargumen ini-itu, gue sih ga perduli tuh… hihiii…

Agama gue Islam, gue menyembah Allah yg satu.
Tgl 14 Pebruari itu gue tidak sedang merayakan tanggal dihukum matinya seorang pendeta dan tabib dari Roma yg martir bernama Santo Valentine, gue tidak sedang melakukan upacara penyembahan berhala peribadatan Juno Februarlis ato Upacara Lupercalia ritual Romawi Kuno untuk menyembah Dewa Lupercus & Dewa Faunus apalagi menghadiri resepsi kawin burung-burung…
*yang terakhir ini aneh banget deh… tapi itu beneran yg gue baca di suatu situs, katanya burung2 kawin tgl 14 Pebruari… buseeettt*
Orang lain silahkan aja berargumen bahwa menyatakan sayang ga harus tanggal 14 Pebruari, rasa sayang bisa diungkapin tiap hari dan kapan aja. Ya iyalah, gue juga tau, ga usah diajarin, kale…
Tapi kalo gue mao mengatakan nya secara khusus di hari itu emang kenapa? Ngaruh ya buat hidup lo pada? Bikin banjir gituh? Ato bikin gue masuk neraka?

Helooow… plis deh!
Bukan hak mahluk untuk menentukan seseorang berdosa tao ngga, masuk surga ato neraka, tapi itu murni hak prerogatif Allah swt. Gue tidak sedang makan babi, minum arak ato berjudi… Gue pun tidak sedang melakukan ritual ato upacara seperti yg di atas udah gue tulis… jadi dimana salah gue? Plis deh, jangan ribet bin ribut! Urusan ginian aja pada pusing banget, padahal masih banyak urusan yg perlu dipikirin. Terserah gue dong, tanggal mana yg mao gue pilih, sepanjang gue tidak melakukan ritual kepercayaan orang laen, gue sih bodo amat. Suka-suka gue mo bilang sayang kapan tanggalnya. Buat contoh aja nih ya… ntah tahun berapa, tapi waktu itu gue masih kecil banget. Natal & Idul Fitri pernah ada pada hari yang sama. Ga masalah kan? Bukan berarti umat Islam yg merayakan Lebaran pada tanggal 25 Deseber adalah para pendosa yg nanti nya masuk neraka karna hari itu adalah hari natal!!! So masalah tanggal jangan diributin! Segala tanggal ajah bikin semua orang saling menghujat, semua merasa paling bener… Bah!

Ga efek tuh buat gue, walo pun semua mo marahin gue mah silahkan aja, gue sih ga perduli. Yg penting gue sih ga ada urusan ama Santo Valentine ato burung2 yg pada kawin massal pada hari itu, gue berbuat suka hati gue aja. Yg penting gue ga merugikan orang laen, itu udah cukup.
Nah… yg mao marah-marah dan menghujat gue, dipersilahkan lho… Ato tiga curhat crew lain nya mo ikutan marah? Silahkan aja… heheheee…

37 Tanggapan to “Happy Valentine’s Day…!”

  1. icha Says:

    PERTAMAXXXXX!!!

    #Icha
    Slamat ya mbak mesir… xixixiii

  2. icha Says:

    di MEsir sini.. yg katanya gudangnya para wali..yg Islamnya masih dok dok banget *mie dok dok kaleee* ….
    di tipi2 sekarang lg semuanya pd iklan2 soal valentine, acara masak memasak kedemenan gw juga , hias2 dapurnya pake love2an, guna menyambut valentine…
    mungkin diindonesia terjadi silat lidah ttg valentine, yah ituh, watak orang kita mah… apa ajah dikomentarin…
    Syekh2 disini biasa aja tuh sama valentine, palingan kalo mo nyela juga dalam hati mereka …
    tiap individu berhak lah merayakan sesuatu, suka2 mereka.
    Gw mah, sejak kenal ama laki gw, gak pernah palentin2an…palingan kita ngerayain anniversary kita.

    Kalo soal ngucapin selamat natal, masih bingung juga sih…emang gak boleh sih katanya ngucapin selamat natal …
    Cuman secara sahabat2 gw banyak juga yg ngerayain natal, yah gw mah ucap2in ajah …
    tapi ujungnya gw ucap AStagfirullahhaladzim…jd biar aman getoh, kalo mang haram ngucap begituan.

    #Icha
    tuh… di Mesir aja Syekh nya ga terlalu ribut kaya di endonesah tercinta ternyata, padahal disono negri para wali
    disini siy orang2 nya pada paling merasa lebih tau n ngerti di banding syekh2 yg ada di gudang wali sana

  3. Eucalyptus Says:

    Hue he he, gw cuman penasaran aja sama tampang lo yang turunannya gado2 itu… kekekek…
    Tp ngomongin soal toleransi beragama, gw seh dah ngejalanin belasan taon. Secara laki gw itu asalnya Protestan.
    Jadi klo lagi Natalan or Taon Baru kita biasanya ngumpul di rumah kakaknya utk ngerayain. Ikut tuker2an kado natal dll.
    Gw secara pribadi jg gak ada masalah dgn ngucapin selamat taun baru, happy valentine sampe gong xi fat cay, di kantor gw yang beragam agama & keturunan.
    Kayanya kok gak tau etika banget klo kita belagak pilon gak ngucapin selamet hari raya sama mereka yg laen agama.
    So….. santai aja deh. Gw setuju sama lo, emang perlu dijalin hubungan hablum minannas…..

    #Kaktus Strobery
    toz lah ama gue kalo gitu…
    btw tampang gue dijamin kece lah wakakakkk…

  4. aEro Says:

    wahh… makin gak bener aja nih mpok jule.
    pake ngomongin palentin segala, perasaan belum tanggalnya deh…

    *kabursebelumditimpukpakemonitorbutut*

    #aEro
    woy! 4hari lagi tauuu… awas lho kalo minta coklat ama gue!
    ga deh! lo gigit aja tuh sana monitor butut lo yg tinggal sepotong…
    hahahaaa..

  5. Iwan Rystiono Says:

    Kalo aku sih nggak ada masalah dengan apa saja. Rasullulah saja menghormati orang Yahudi dan Nasrani kok.
    Kalo ada kontroversi, itu sih ulahnya orang-orang kita aja, sukanya maen komentar. *kayak gw*

    Mo valentine kek, mo imlek kek….

    Yang penting, semua hidup rukun, tidak saling menggangu. Itu makna terdalam kehidupan beragama.

    Kalopun nanti ternyata karena hal ini aku masuk neraka, ya aku terima, lah wong kita cuma manusia, bisa apa sih…?? Pengetahuan kita kan terbatas…

    #Rystiono
    waks… masuk neraka koq terima aja! gue sih ogah! lo aja sana… lo kaya nya sih cocok & betah, Wan…
    hahaha… coz gue yakin gue ga bakalan betah

  6. Iwan Rystiono Says:

    Eh Jule, kita Dinner dimana palentin nanti?

    * kabur sebelum ditimpuk CPU *

    #Rystiono
    dinner di warteg… yyyuuuk… kya!

  7. novee Says:

    Moantab!
    pada inti nya gw lebih suka kaya gini… biar beda tapi rukun dan damai. terserah orang lah mo ngapain. tp kalo mo ngelarang2 sih mendingan liat dulu diri masing2, udah bener apa belom.
    jangan2 sibuk ngelarang hal kecil, tapi kewajiban2 nya malah kaga dikerjain pun.
    kegiatan apapun yg penting niatnya. ya ga?
    prinsip hati & jiwa hanya satu : Allah subhanahu wa ta’ala…
    Moantab!

    #Novee
    iya, gue juga lebih suka keadaan yg damai tanpa silang sengketa urusan remeh-temeh
    heran juga gue, knp ya masyarakat kita ini sulit sekali menerima perbedaan

  8. ROE Says:

    NO COMENT….

    #Roe
    ga masalah…

  9. Jack Says:

    sebelom komentar, gua mo ketawa dulu…
    *huahahahaaa ampe terguling-guling n pingsan dg sukses*
    heran, lu koq dapet sih info ttg burung2 yg kawin massal tgl 14 Pebruari?
    wakakakkk.. mari kita intip rame2 di hari vantentine

    gua juga nyantey koq Jul, secara lo tau sendiri, gua pun putih plus sipit. slalu mencolok di antara jama’ah sholat jum’at. bukan salah gua kalo gua turunan penjajah *jepang maksudnya*

    beberapa sudara gua katholik, beberapa sahabat gua budha, tapi gua normal2 aja ngucapin selamat hari raya. biarin ajalah, ada Allah yg maha tahu apa yg terbersit di hati tiap manusia. Allah ga akan mendzolimi kita dg memberikan hukuman untuk hal yg ga kita perbuat

    stuju banget ama elu, yg penting jalanin kewajiban, jauhi larangan
    prinsip hati & jiwa hanya ada satu : ALLAH SWT
    hahahaaa…

    #Jack
    puwas hidup lo bisa ketawa kaya gitu…!
    gue pun heran, apa iya burung2 pada kawin massal tgl 14 pebruari… emangnya burung punya kalender, koq bisa tau tanggal? Gue baca itu ga sengaja di suatu blog *yg ga akan gue sebutkan url nya, ntar die ngetop hehe* heran banget gue… jangan2 tu org pengamat burung… heheee…

  10. Eucalyptus Says:

    Hue he he…. jadi rame lage neh curhatbebas…. selaen ngintipin burung2 kawin masal ntar.
    Juleeeee…… nti malem valentine jadi kan candle light dinnernya?
    wakakak….. si Iwan ngecesss tuh….

    #Kaktus Strobery
    si Iwan ngajak dinner di warteg katanya…
    ama elo aja deh tuh dinner nya… heheee

  11. dagdigdug-junior Says:

    SELAMAT NGEBLOG SEBELUM NGEBLOG ITU DILARANG…!!! hehehe

    #Jojo
    Dasar kolor, penjahat kelamin… xixixiiii

  12. RETORIKA-1000DS Says:

    @ yang punya blog

    Selamat Valentine dari Melbourne😀

    ah cuma orang -jomblo dan kesepian aja kali yang ngelarang hari VALENTINE …

    HAPPY VALENTINE EVERY BODY …

    #Retorika-1000DS
    hepi palentin pun buat melben…
    heheheee… jomblo2 kesepian….

  13. aEro Says:

    gw sendiri sih gak peduli dengan yg ginian, gak ngaruhlah!!
    bagi yg mo ngerayain silahkan, yg nggak ya jangan di paksa… asal jangan ribut2 aja,
    bener kata mpok julee *jangan geer* gak perlulah ribut2 hujat menghujat, berasa paling bener sedunia, jangan mengkapling2 surga buat golongan sendiri!!

    gw sendiri ga pernah ngerayain, tapi gak mao tereak2 ngelarang.

    ehh… gw salah omong yah?!

    @mpok julee
    empat hari masi lama woi… udah ngebet pengen ngasi coklat nih?!:mrgreen:

    @iwan
    jangan mao dinner sama mpok jule, wan. mending sama non Lana tuh… cakepan dia kemana-mana… *tp jangan bilang2 sama mpok jule*

    @eucalyptus
    ngajakin saya aja yu!:mrgreen:

    #aEro
    woy kutu kupret…!
    ngapaen lo ngomong yg kaga2
    #All
    jangan percayaaa… dia tukang bo’ong!
    jangan ngajak dia makan, soalnya tukang nambah n pake acara ngebungkus!
    weeeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkk

  14. zakiyah umami Says:

    valday menurut gw adalah bid’ah dan bukan sesuatu yang diharamkan koq.apa salahnya kita mengadopsi budaya barat kl ga’ ngerugiin kita dan tidak menyalahi syari’ah. Semua kembali ke niat kan? Al a’malu bin niat ( sesuatu yang dilakukan berdasarkan niat),
    gw juga ngerayain valday koq ma temen2 dan pacar gw (gw jg berjilbab).
    Postingan lu sebenarnya bagus, cuma semakin bagus ketika lu tidak membandingkan atau mengkritik sesama muslim yang tidak tidak sependapat dengan kemoderenisasian kita.
    Cukup lu tulis aja bahwa lu akan ngelakuin apa yg lu suka selama tidak ngerugiin orang lain dan agama.Itu lebih bijak daripada harus menjelaskan bahwa yang kolot atau jilbaber tidak selalu lebih baik dari kita.bagaimanapun mereka adalah sodara kita, yang memiliki sudut pandang beda ma kita. Oke gals???????

    #Zakiyah Umami
    mengkritik? yg mana…? prasaan ngga. tp kl mo dibilang gitu ya ga masalah juga siy. emang kenapa?
    ini kan ruang buat mencurahkan isi hati kita2, apa yg ada dipikiran kita2… kalo jatohnya dianggap kritik ya terserah aja, kembali ke persepsi masing2lah itu…
    **tp kan emang kenyataan nya demikian, yg jilbaber watever TIDAK SELALU lebih baik tho? ya akui saja, karna itu nyata. jilbaber juga manusia biasa, ada yg nyebelin, ada yg ngga… lumrah itu, manusiawi sekali**
    saya pun mungkin ga lebih baik dari Anda, tp itu ga penting buat saya coz yg tau persis siapa saya ya diri saya sendiri. org cuma bisa liat dari luar.
    yg punya sudut pandang berbeda ya silahkan aja, seperti Anda misalnya sewaktu menilai postingan saya ini.
    saya mah bebas2 aja Mba… Anda boleh bicara apa aja. Urusan saya sepakat ato ngga dg Anda…? o’ow ntar dulu yaaa…! hahahaaa
    saran Anda : cukup lu tulis aja bahwa bla-bla-bla… sori : DITOLAK!
    semua tau, ini blog saya *baca : kami* terserah saya mo nulis dg cara gimana. toh saya ga pernah melarang ato mengatur Anda, ato siapapun di jagad blogsphere ini, bagaimana menulis di blog Anda sendiri kan…? Hehee… Anda niy lucu…!
    Yaudah, semoga paham tanggapan saya ya. Okeh Jeng?

  15. Rystiono Says:

    Yach…masa di Warteg si Jul…

    Aku kan pengen candle light dinner ma kamu di restoran hotel bintang lima….

    Masa ke Jakarta naik pesawat cuman dinner di Warteg? Nggak match donk…

    #Rystiono
    halaaah… bintang lima! balon kali lima…!
    naek pesawat apa? pesawat telpon kaya nya
    *gyahahaaa… ngebayangin si Iwan duduk di atas telpon, berpikir bakalan bisa nyampe jakarta… hihi*

  16. diana Says:

    hehehehehe….juleeee….ini postingan masa esmosi? masih enak es kelapa muda…kekekekeke….

    jul, aku juga masih ada keturunan cina kok..makanya dulu masih suka dapet angpao..tapi sekarang seh gak lagi..huhuhuhuhuhuhuhu…

    soal mengucapkan selamat (apapun) pada non muslim lain, itu hak dikau. tapi tolong jangan men-judge apapun..biasa ajalah…*twink* juga tentang valentinne days yang jelas2 sejarahnya itu tentang apa? moso ya dikau ikutan? kita kan berkasih sayang tiap hari, toch?

    oh ya, dikau masih dapet angpao gak???

    #Diana
    halah! ini si tanteh ga baca kali yah… *kebanyakan minum es kelapa, jadi begini nih : kremian… kekekekk*
    baca ulang dulu deh, ntar kalo udah apal tanteh komentar lagi di sini lah…

    #Jack 2 Diana
    baca postingan Juli pas di bawah kalimat yg ini :
    *yang terakhir ini aneh banget deh… tapi itu beneran yg gue baca di suatu situs, katanya burung2 kawin tgl 14 Pebruari… buseeettt*
    itu udah jelas banget koq tante Diana, persis seperti yg tante bilang… heheee…

  17. Eucalyptus Says:

    Juleeee…… kesian tu si Iwan, H2C… kekekek….
    tega amat lo mo dibawa ke warteg…

    #Sroberi Kaktus
    biarin aja, die udah biasa koq… hahahaaa

  18. devino Says:

    *baca blog dengan serius*
    capek juga yah baca dengan serius,,
    santai lage ah,,

    selamat imlek yah jul,, :p
    ah, sekalian happy valentine jugah
    coklat buat ane mana jul??
    hwekekeke

    #Devino
    selamat imlek juga yah Koko Vino *wakakakkk*
    sebagai sesama mahluk bermata sipit kan kitah… tooozzz… *PLOK!*
    epi palenten juga… yg ada lo yg ngasih gue coklat dong… dasar cowo boke… hehehe

  19. andrei-travellous Says:

    ada yang bagi2 coklat ya disini? :p

    #Andrei
    ada sih… tapi tadi… hehehe

  20. Eucalyptus Says:

    Happy Valentine’s day ya Julee… hue he he…
    kita candle light dinner sambil nonton burung2 kawin (si Iwan cuekin aja tuh… wakakak…)…
    Oh ya, juga buat Aero, Jack n Lana, met valentine juga ya….
    biar kita gak ngerayain boleh dong ngucapin sayang sama kalian semua…..
    tetap berkarya ya *halah*

    #Strobery Kaktus
    epi palenten juga yah Kaktus… Muah! dari gue…
    Muah! Muah! dari Lana…
    Muah! Muah! Muah! dari Jack dan
    Mmmmmmuahhh! dari aEro
    *ngamuk dah laki lo… kabuuurrr*

  21. novee Says:

    epih palenten yaaa…
    gw datang mau jemput coklat jatah gw, karna setau gw palenten dey pan hari bagi2 coklat…
    mana hayoooo… jangan pura2 boke yah… dari blog inih jatah coklat buat ge tuh EMPAT!
    hueheheee… *ngarep.com*

    show burung2 kawin massal jam brapa seh…? gw takut ketinggalanpun… hihihi

    #Novee
    halah, gue aja lupa mo nonton burung kawin massal…
    ada yg nagih coklat…? *kabuuurrrr*

  22. icha Says:

    burung cara kawin nyee gimana yah???? penasaran pula saya … beda dong yah sama gaya anjing..kekekekke…
    tuk semua personil curhat bebaas..met valentinelah…

    #Icha
    huah… cara kawin burung…? ga ngerti Mba… secara kita smua masih kecil…
    hahahaaaa…
    hepi palenten juga ya Mbak Mesir…

  23. Rystiono Says:

    Yach…patah hatiku deh…ditolak ajakanku dinner sama Jule…
    Ya dah ndak apa-apa…met valentine aja deh buat semua…
    ^_*

    #Rystiono
    halah… patah hati… aya-aya wae…

  24. aLe Says:

    jadi cokelatnya buat aLe manaaaaaaaaaaaa??? 😆😀

    #aLe
    udah abiiiiiiiiiiiiiiiiiiis…
    hahaha kasiyan aLe ketelatan…

  25. secangkirkopisusu Says:

    Gw paling suka loh ngompor-ngomporin….ckikiki…biar tau opini orang2 mengenai valentine….
    eh…ternyata berhasil…kekekekeh…liat postingan gw tgl. 13 feb…. hidup kolor….hidup ngeblog…
    pesan gw cuma satu : ” Jangan sering-sering Ngeblog karena ngeblog bisa menimbulkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin….halah !.. ( ngaciiirrr… ke TIMBUKTU…)

    #Secangkir Kopi Susu
    perasaan nih… yg suka ngomong ttg TIMBUKTU tuh Mpok Novee deh…
    hayooo… ngikut2 ya…

  26. carra Says:

    hello😀 … ngintip sebentar ke sini…
    hehhhh valentine lagi yah… well biar aku ga begitu minded ttg valentine, and rada2 skeptis ttg smua pro dan kontra nya, tapiiiii aku seneng banget ketika aku dikasi coklat sama soulmate aku hehehe… (mau? mau?)
    *siap2 bagi coklat juga ke smwa orang*
    … pada dasarnya biarpun ga ngrayain, tetep aja seneng dikasi bunga or coklat
    *ngayal… seumur2 blom pernah dpt bunga HIKS!* … kerja dulu… nt aku mampir lagi😀

    #Carra
    wuaaa… jangan mao dikasih bunga mba, enakan dikasih coklat heheheee

  27. Eucalyptus Says:

    U/ Jule : Dasar jule gendeng… tu si monyet gaul kan ngasih val-card gak buat gue aje… hue he he…

    #kaktus meletus
    masa? cie-cie-cieee

  28. noki Says:

    ini isi nya apa betul valentine. kan isinya banyak bahas imlek dan curhat.
    btw selamat deh masih berpegang teguh ama prinsipnya.

    # Noki
    baca sampe abis makanya..
    ngambil kesimpulan yg keliru lo

  29. kopisusu Says:

    apdet woi….hehehe

    # kopi
    males woy

  30. noki Says:

    cape baca ampe abis, cuma baca awal dan akhir

    #Noki
    ga mslh.. itulah elo, spt biasanya..

  31. hafidzi Says:

    apa yaa…..:)
    jadi lucu aja tuk noki, cuma baca awal dan akhir, klo di filem action bagus, tp klo bacaan serius, bisa2 ngga ngerti tuh…:D peace….^^

    #Hafidzi
    si Noki ya emang begitu itu kelakuan nya..
    liat aja koment2 dia di blog org2
    biarin ajalah..

  32. gokimhock Says:

    Wah, yang punya blog ngeluarin zakat gak? Udah nyantunin anak Yatim belum?

    #Kapten Hock
    yg koment udah belom..? masa yg gini2 diomongin..

  33. Supir Bemo Says:

    Salam Kenal ya Neng Jul…. Makasih udah komen di blog gw….
    Btw, Curhat Bebas udah gw link di blogroll gw… thx bfore for linkin’ back…

    #Supir Bemo
    Salam kenal juga pak supir.. trimaksih kembali..
    Duh, gimana ya.. blog ini emang ngga pk blogroll coz sengaja untuk tempat curhat doang..
    lagian personilnya jarang ada koq, cuma pas mao curhat doang baru muncul..
    sebagai gantinya, kita link blog pak supir di dalam postingan BBM.
    gimana? ngga papa ya..? pliiizzz..

  34. Supir Bemo Says:

    It’s OKeh Neng… No Problemo…
    Tangkiu..

    #Supir Bemo
    tengkyu kembali

  35. Adia Says:

    wiii…
    seru blog-nya euy..
    komentarnya jg oke..

    Klo abdi teh (sunda mode on) eh, sayah dah tanya2 mbah google, ternyata fatwa MUI itu dari jaman Buya Hamka. Beliau ulama yg temasuk moderat dan sangat toleran. Dg berbagai ket.latar belakang dan sosok beliau, sayah jadi agak ngeh.. (maklum baru belajar).

    Btw klo mo beda ya atuh mangga..tapi moga2 argumennya lebih banyak dari yang diatas (fatwa itu argumennya buanyak loh..& bkn dari Buya Hamka pribadi).

    Untuk valentin, sayah g ikut2 dan melihatnya sbg perlawanan arus. Nah, yang beda itu kadang sayah suka. Yg penting g asal beda. Ada ilmunya.

    Buat yang merayakan,ya atuh silahkan..moga – moga bukan asal ikut-ikutan.

    Kita masih boleh kok untuk berbeda, yang penting teteup rukun nya’..

    “dan bukankah pelangi itu indah dengan warna berbeda..”

    sory kepanjangan

    #Adia
    aduh makasih yaaaa….
    komentarnya simpatik, pesan nya juga bagus banget
    saya suka dg komenttor yg gak asal koment & maksa pendapatnya sendiri
    pendapatnya diterima banget deh pokoknya, karna bagur & masuk akal
    *sudah saya bold lho….*

  36. petric Says:

    aku mo nulis apa ya…….??????

    #Petric

    nulis hepi palenten, sponge bob.. hihiii

  37. diny Says:

    Wadoeh… Bonyok gw tu.. ga ngebolehin gw pacaran ma cowo’ yg gw sk!!
    E, malah malah, gw disuruh pacaran ma anak tukang siomay!! E, gaaa b’canda!!
    Yup, gw lom blh pacaran.. Pdhl, gw pngn bgt ngrasain yg namanya first kiss alias ciuman pertama..

    Dah gt, low gw dkt ma cwo… Pasti diikutin yg namanya perkembanganya dan pst ga blh jln ma tu cwo.. Sebel alias bete bin Cape deh… Ya ga?? Gimana neh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: