PANDORA PRADUGA

By : aEro

Saya terpaksa turun gunung, setelah postingn salah seorang blogger (yg terus terang saya ga kenal & ga pernah kesana sebelumnya) memuat e-mail dari teman kami Julia.
Di e-mail itu julia memang panjang lebar bercerita, soal para penipu di dunia bloggerian. Tapi sebelumnya Julia sama sekali tak akan pernah menyangka kalo e-mail hasil mengumpulkan informasi dari desas-desus yang beredar itu akan di publish mentah-mentah tanpa tedeng aling-aling (dg disunting sedikit katanya??? Bah! Suntingan yg ga punya arti..)
Ketika mengirim e-mail itu, tujuannya hanya satu, berharap orang yang katanya merupakan chairman dalam suatu event & kabarnya ada dalam jajaran petinggi suatu institusi *entahapanamanya*, bisa memberi warning pada para blogger lainnya secara bijak.

Tapi harapan Julia tak pernah jadi kenyataan..
Alih-alih di tindak lanjuti, e-mail itu justru dimuat secara utuh (yah, walo ada sedikit suntingan ga ngaruh..) di blognya untuk kemudian ditinggal minggat begitu saja ke pulau dewata.

Pertanyaan yang timbul di benak saya adalah
“Mengapa sang chairman memposting e-mail itu?”

Saya sebagai pembaca memiliki beberapa dugaan..

Pertama, orang itu sudah mengetahui *setidaknya percaya* cerita-cerita soal kasus penipuan ini sebelum Julia mengirimkan e-mailnya.
Dugaan ini dikuatkan oleh beberapa komentar serupa ini

“ada cempluk yang udah testimoni, ada anang, warga BHI juga rata -rata dah tau kasus ini… hanya sepertinya selama ini baru mouth to mouth.”

Ini menegaskan bahwa mungkin sebenarnya dia sudah punya niatan untuk membahas ini di postingnya. Tapi orang itu tak cukup punya keberanian untuk menulis atas nama dirinya secara pribadi.
Dan ternyata orang itu tak perlu repot-repot mengotori tangannya secara langsung, karna setelah membaca e-mail Julia yang dikirimkan kepadanya, keseluruhan e-mail Julia di publish dg sedikit skali suntingan di bagian basa-basi, tanpa konfirmasi, tanpa pikir panjang, lengkap dengan link pengirim, pelaku dan beberapa blogger yang di duga menjadi korban skaligus saksi.

Kedua, orang itu tak percaya dengan isi dari e-mail Julia.
Dengan publish sesuai aslinya walau ada sedikit suntingan, dia berharap semua orang yang disebut dalam e-mail akan melakukan bantahan dan sanggahan, lalu kemudian menyerahkan Julia ke tengah-tengah mereka untuk disalahkan & dieksekusi.
Postingan itu secara tersirat seolah-olah berkata kepada nama-nama yang tercantum “orang ini telah menyebarkan berita bohong tentang anda semua!”

Ketiga, orang itu menduga e-mail itu hanya merupakan fenomena gunung es.
Dengan publish e-mail sesuai aslinya dg sedikit suntingan tak berarti, dia berharap akan ada laporan-laporan serupa dari korban lain, baik yang sudah maupun yang belum tercatat dalam e-mail Julia.
Walau yang terjadi kemudian adalah kebalikannya, karena sebagian korban secara kompak membantah. Tapi banyak terima kasih untuk korban yang sudah datang untuk mengiyakan & beberapa komentator yang menyatakan percaya karena temannya turut menjadi korban.

Keempat, orang itu ingin menunjukkan kapasitasnya sebagai orang besar di blogsphere.
Dengan mempublish e-mail yang dipercayakan kepadanya, secara ekplisit orang itu ingin menunjukkan bahwa tak salah orang mempercayainya sebagai penanggung jawab *atoapalahitunamanya* dari sebuah ajang besar para blogger. Karena dalam e-mailnya secara jelas Julia meminta orang itu untuk mengambil sebuah tindakan yang cukup bijaksana dari kasus tersebut.

Setelah saya laporkan, ya terserah Sampeyan nDor, mo melakukan apa…

Ada yg menanggapi kalimat itu dengan ini

Lha, berarti Mbak Julia ini nggak berhak protes dong sama Ndoro (terlepas dari apakah Ndoro benar-benar salah atau tidak), lha wong sudah jelas-jelas bilang terserah mau diapain.

Dan ini

Lagian yang kirim e-mail bilang terserah e-mail itu mau di-apain? Kalo’ si pengirim e-mail protes di blog-nya, ya aneh, wong udah bilang terserah.

Plis dong ah, masa yg beginian aja musti dijelasin??? Secara orang itu konon kabarnya adalah insan pers bermutu yg ‘katanya’ mengerti alias paham betul apa itu ETIKA posting.
Tanpa harus dijelaskan secara rinci, sudahlah tentu maksudnya itu terserah mau melakukan apapun sebagai tindak lanjut atas isi e-mail (laporan) ini, bukan terserah untuk melakukan apapun terhadap e-mailnya.. Masa ini aja tidak terpikir oleh orang itu..

Kelima, orang itu hanya iseng.
Saking isengnya sampai-sampai merasa perlu memposting sebuah e-mail yang sifatnya pribadi antara pengirim dan penerima. Sekalian cari sensasi tentunya, lumayan kan bisa mengalahkan jumlah komentar di blognya seleb..
Kalo tau bakalan begini doang *copasgapakedipikirpikir* buat apa minta tolong orang itu untuk dicarikan solusi? Yang ada bukan jadi manfaat malah bikin masalah baru..

Yang pasti, Julia telah melakukan kekeliruan terbesar dalam sejarah hidupnya dengan mempercayai orang yang tak pantas menerima amanah.
Tapi saya yakin e-mailnya bukan sekedar karangan belaka.
Julia kami bukan manusia yg seperti itu.
Julia hanya berharap setelah ia mengirim e-mail ini, orang itu bisa memberikan suatu solusi terbaik, agar tidak ada lagi korban-korban berikutnya.
Julia teramat mempercayai orang itu, sayangnya ternyata Julia salah memilih orang.

Yang jelas, ada hikmah yang bisa kami ambil *selain hujatan-hujatan yg telah dituai sebagai hukuman, termasuk penistaan dari manusia terkutuk paling siyalan, tukang ikut campur urusan orang & gemar masturbasi dimana-mana seseorang, bahwa Julia haus sex perhatian hanya gara-gara Julia balas berkunjung atas komentar yang ini dan yang itu di blog kami.. Lihatlah, balas mengunjungi untuk berkomentar dan saling mengenalpun dipermasalahkan oleh si bejat itu dia.. Lagipula Julia tak mungkin mau datang ke blog mesum milik gigolo lelaki itu kalau bukan untuk kunjungan balasan. Kalau keberatan, ya jangan datang kemari!! Gitu aja koq repot.. Hei, apakah ada masalah kejiwaan dg diri anda, pak sanak..?*
“jangan sekali-sekali berharap apalagi percaya pada orang lain yang kita tidak tau pasti kualitasnya, hanya karena orang itu mendapat kepercayaan menjadi pengayom blogger dalam event besar.”
Sudah pasti dia amanah..? Eits, nanti dulu..!

Yang jelas orang itu kini telah dengan sukses memecah belah persaudaraan blogger yang tadinya terasa begitu guyup, damai dan bersahabat..
Lihatlah hasilnya, berapa banyak hati yang berdarah, air mata yang tertumpah, caci-maki serta sumpah serapah..
Sesuai harapan orang itu kah..?

*****

Boleh jadi dugaan saya ini benar dan atau salah. Perlu di ingat, saya tidak sempat mengecek dan melakukan verifikasi untuk dugaan-dugaan di atas. Saya ndak bisa menjamin dugaan saya benar-benar ada atau fiktif. Saya juga tidak pernah menanyakan langsung kepada orang itu.
Mohon maaf kepada teman-teman yang namanya tidak pernah tercantum di sini.
Pasti andapun tak menduga blog ini bakal dibuka lagi lengkap pula dg kolom komentar yg dimoderasi.. Bah!

>>Selamat gini hari Pak Sanak, apakah sampeyan hari ini sudah menduga-duga sesuatu..???<<

43 Tanggapan to “PANDORA PRADUGA”

  1. blesmiplis Says:

    SETUJU!!!!!!!

    #BLESMIPLIS
    setuju dg apa..?

  2. ......................... | NIAS AUGUSMAN ZALUKHU Says:

    […] para korban yang nama dan alamat blognya jerlas-jelas tercantum di situ, dan bagaimana perasaan sang detektif yang telah menyelidiki hal itu namun lebih memilih tidak mempublish sebelum mendapat wejangan dari ORANG YANG DIA […]

    #ZALUKHU
    trimakasih

  3. badoer Says:

    Saya trut sedih, aduh saya koq jdi kuper gini seh, kasih tau dunk siapa sih yg ktaNa penganyom laknat itu, biar kita2 jdi tau, toh orng seperti dy pzti bkaln punah

    #BADOER
    laknat..? wah.. laknat ya..?

  4. Benny Says:

    memang klo cari sensasi ada2 saja carany dan bahkan bisa mengorbankan orang lain..

    #BENNY
    Yap! bisa ‘nyenggol’ bahkan NGINJEK, tujuan orang itu menghibur koq, terserah mau terhibur atau ngga.. kalau tak senang, cari saja gelanggang lain..! *demikian menurut orang itu di sana..*

  5. Catshade Says:

    Adakah kemungkinan keenam, kalau Ndoro Kakung memang khilaf dan tidak berpikir panjang saat mempublikasikannya? Still, that didn’t explain his ambiguous clarifications…🙄

    Plis dong ah, masa yg beginian aja musti dijelasin??? Secara orang itu konon kabarnya adalah insan pers bermutu yg ‘katanya’ mengerti alias paham betul apa itu ETIKA posting.
    Tanpa harus dijelaskan secara rinci, sudahlah tentu maksudnya itu terserah mau melakukan apapun sebagai tindak lanjut atas isi e-mail (laporan) ini, bukan terserah untuk melakukan apapun terhadap e-mailnya.. Masa ini aja tidak terpikir oleh orang itu..

    ‘Sudahlah tentu maksudnya’? Sebagai salah satu orang yang komentarnya anda kutip di atas, izinkan saya menambahkan satu hikmah lagi:

    Be explicit with your request, especially if it’s very, very important to you. Mengira bahwa di dunia blogging ada etiket-etiket standar yang diketahui, apalagi disetujui, oleh semua orang adalah kesalahan besar. Tak hanya di internet, bahkan di dunia nyatapun kita tidak bisa berharap semua orang punya standar kepantasan berbicara dan berperilaku yang sama….

    …even journalists.😆

    Terkait dengan ini, boleh saya nitip pertanyaan pada Julia? Apakah dia memang sudah saling mengenal dan dekat secara pribadi dengan Ndoro sehingga merasa bisa mempercayainya, atau dia hanya sebatas tahu Ndoro sebagai blogger senior yang dianggap bijak dan dapat dipercaya oleh banyak blogger lain?

    #CATSHADE
    KHILAF??? untuk urusan nama baik tidak berpikir panjang??? untuk orang yg ‘katanya’ mengerti & paham betul apa itu ETIKA posting… orang lain HARUS beretika sedang dia tidak??? hmmm.. INI RANAH DEMOKRATIS
    yah.. sekali lg harus kami katakan inilah KEKELIRUAN TERBESAR yg telah dilakukan.
    kalau kami/Julia tak berhati, publish aja di sini, ngapain numpang di rumah orang itu tanpa solusi, banyak orang dipermalukan & terluka termasuk teman kami Julia..

    Menurut Julia simpel aja, selain pilihan dari Anda yg kedua itu ‘dia hanya sebatas tahu Ndoro sebagai blogger senior yang dianggap bijak dan dapat dipercaya oleh banyak blogger lain‘ Julia pikir orang itu kan jurnalis senior, jadi dikiranya mengerti apa yg harus dilakukan guna mendapat solusi terbaik..
    mana menyangka orang itu akan cuci tangan, karna orang itu punya keterbatasan & bukan juru selamat siapa-siapa..
    ini memang KEKELIRUAN TERBESAR, walau seharusnya jika tidak ingin dibebankan urusan ini, orang itu tak perlu membantu.. selesai urusan nya kan..?!

  6. ajimonoarfa Says:

    Sekarang paham…Baginda yang dimaksud. Tapi apa separah itukah seorang pemimpin. Padahal Pemimpin itu lebih tinggi kedudukannya dari seorang Manager. Karena pemimpin melakukan hal yang benar sedangkan Manajer melakukan dengan benar.

    Trus …gimana critanya untuk pesta blogger 2008..?

    #AJIMONOARFA
    tak tahu.. tak berminat pula untuk tahu

  7. Zalukhu Says:

    Yah beginilah contoh2 pemimpin yang salah menggunakan kepercayaan.🙂 Kalau ga salah komentar-komentar di postingan beliau juga dimoderate sehingga yang muncul cuma para pendukungnya.. jadi kesannya dia didukung banget gitu lho… tapi ini sebuah pelajaran bagi kita bahwa ga selamanya orang yang diberi kepercayaan itu bisa dipercaya… Tetap semangat Guys…

    #ZALUKHU
    ya begitulah.. apa yg kita lihat dg mata kadang ternyata beda dengan yg sebenarnya..
    tp ada hikmah terbesar kita jadi tau kan, bagaimana orang itu sesungguhnya..
    ada lagi yg kami lupa.. orang-orang yg selevel dewa mana pernah berbuat keliru, baik disengaja maupun tidak, apalagi sampai merasa perlu membisikkan kata ma’af.. gengsi dong, siapa gua siapa elu
    apalagi waktu pemujanya menghamburkan kata2 pujian betapa bijaksananya orang itu & membenarkan tindakan gegabah itu.. *wadehel! PADA CARMUK??? au ah gelap!!!*
    maka ngambullah orang itu dg jumawa makin tinggi ke langit!
    *siap2 aja kita lihat dia digabrug-kan ke tanah pd saatnya..! ingat, Tuhan maha adil..*

  8. arhamkendari Says:

    ambil hikmahnya aja..
    *duh sinetron banget dah gw*😀

    #ARHAMKENDARI
    udah diambil..

  9. Titis Says:

    Dangdut lagi hot minggir kalau ndak suka nanti ke injak dan kesundut rokok …

    #TITIS
    JELAS! kami juga tak akan mau dekat2 bila sedari awal tau kalau ‘si pedangdut’ nya sadis-bringas!

  10. Felikananda Says:

    Beginilah jadinya jika kalo pemain musik menjadi baginda… jadi bebas melakukan apa saja dengan alasan sesuka hatinya.

    #FELIKANANDA
    mungkin orang itu simcard nya xl.. jd menyesuaikan.. bebas tanpa batas
    sampe mo ngawinin monyet, kambing & buaya eh luna maya.. iklan banget.. ga lucu ah!

  11. arhan Says:

    busyet rame euy.

    gimana nyeleseinnya nih ntar?

    apakah damai bukan jalan terbaik?😀

    #ARHAN
    udah selesai koq, karna memang ga ada yg bisa diperbaiki dr urusan yg udah terlanjur dibikin kacau brantakan kaya gini.. damai atau tidak, pokonya udah selesai
    *walau bukan berarti harus diem aja mentang2 yg dihadapi orang BESAR.. nanti jd kebiasaan menganggap sepele urusan org yg BUKAN SIAPA-SIAPA*

  12. mamamiaw Says:

    yah artis kok dijadikan panutan… emang susah

    #MAMAMIAW
    iya, salah..

  13. rudyahud Says:

    wah…kebangetan tuh orang…pernah juga saya mampir n kasih komen ke blognya, tapi ga dbales….emang bener-bener sombong…..belom lagi judulnya tuh…”PECAS NDAHE”…itu adalah nama grup band humor di SOLO, tapi dia maling namanya….
    wah ngakunya ndoro…ternyata kelakuannya lebih munafik dari babu….

    #RUDYAHUD
    eh? wah, ga ikut2..

  14. Mumu Says:

    Hmm..

    Boleh tau tujuan Julia mengirim ke Ndoro tuh sebenarnya apa?
    Apa yang diharapkan Julia pada awalnya?

    #MUMU
    koq ditanya lagi.. apa kurang jelas
    tentunya minta dicarikan solusi terbaik spy jgn jatuh korban baru lah.. apa lagi?
    kalo endingnya malah jatuh korban lebih banyak seperti ini, siapa yg menyangka???!!!

  15. Eucalyptus Says:

    Waktu pertama kali buka blog yg memuat emailnya Julia terus terang saya kaget sekali, apalagi semua nama dan link dipasang disana secara gamblang (yg pada akhirnya link dihapus, walaupun nama masih belum disamarkan).
    Setelah baca postingan Julia ttg penyesalannya mempercayai email kepada orang yang tidak tepat serta email Julia yg di fwd ke saya ttg kemarahan, keterpurukan serta keputusasaannya krn email pribadinya telah di publish secara se-mena2, saya makin simpati kepada dia. Julia adalah salah satu orang yang sangat peduli kepada keadaan (walaupun saya tidak pernah bertemu dengan dia), bicaranya blak-blakan dan menurut saya dia ‘smart” dengan postingan2 yg blak2an pula.
    Saya sudah tidak peduli lagi walaupun nama saya termasuk di postingan orang itu, yang saya peduli adalah nasib Julia.
    Sangat disayangkan kalau seorang Julia menjadi bergidik atau trauma dengan kegemarannya menulis di dunia maya, akibat perbuatan orang yg tidak bertanggung jawab.
    Saya ada di belakang kamu, Julia…

    #EUCALYPTUS
    amat banyak terima kasih untuk pengertian & simpatinya
    ijinkanlah kami meminta ma’af sekali lg..

  16. anggi Says:

    hanya bisa turut berdoa smoga cpt selesai… ^^
    yg sabar ya…

    #ANGGI
    trimakasih

  17. ulan Says:

    wah… masih berlanjut ya..
    semoga cepat kelar..

    #ULAN
    bukan berlanjut.. hanya mengcounter yg di sana
    walau kami dibanding orang itu ga lebih dari semut, tetep aja bisa gigit kalo DIINJEK

  18. Tukang Nggunem Says:

    Walah…saya malah baru tau ada kabar2 begini, setelah dikasih tau temen blogger saya tentang blog yang komennya sampe 400-an lebih!!!!, capek juga baca komen ternyata…. Selain saya juga gak pernah berurusan sama blogger2 yang eksklusif seperti itu, bagi saya semua blogger sama aja, gak ada yang perlu diperlakukan khusus sampe dipuja2 gitu…jadi saya turut bersimpati saja sama mbaknya atas kasus seperti ini…kalo ada hikmahnya ya monggo diambil saja hikmahnya, tapi kalo gak ada ya udah lupain aja…jangan buang2 energi ngurusi hal2 gak jelas macam itu-lah…semangat sodara!!!!!

    #TUKANG NGGUNEM
    baiklah. terimakasih atas simpatinya, Saudara!!

  19. pam Says:

    # Zalukhu Berkata:
    Agustus 4, 2008 pukul 2:11 am

    ” … Kalau ga salah komentar-komentar di postingan beliau juga dimoderate sehingga yang muncul cuma para pendukungnya.. jadi kesannya dia didukung banget gitu lho… ”

    —————————————-

    Saya juga (termasuk) yang tidak setuju, bahwa email tersebut dimuat begitu saja oleh ndorokakung. Tapi ketika Anda berkomentar seperti di atas, saya juga tidak setuju dengan Anda. Terlepas bahwa si ndoro manusia kursi itu tidak langsung merespon komentar yang masuk, saya sama sekali tidak melihat bahwa komentar-komentar di sana di moderasi. Kelihatannya semua komentar diloloskan.

    Sebaiknya kita tidak lalu membabi buta dalam menyikapi dan mengomentari sebuah masalah. Setidaknya jangan sampai kita justru menjadi ‘jelek’ hanya gara-gara menanggapi sesuatu yang kita anggap ‘tidak pantas.’

    Mohon maaf kalau komentar saya kurang berkenan. Salam kenal.

    #PAM
    terimakasih, oke tak apa.. saya dapat pointnya
    *hasil bincang dg seorang teman* mungkin komentar yg tidak terpublish memang bukan tidak diloloskan, tapi tidak beruntung segera terpublish karna tertangkap akismet.. bisa jadi. salam kenal juga.

  20. Zalukhu Says:

    @Pam : ya kalo ga salah sih seperti itu. Berhubung ada komentar teman-teman yang curhat sekitar 2-3 orang yang memberikan komentar yang sebenarnya membangun sih cuma sekedar mengingatkan sebagai sesama blogger. Sejak Kamis lalu sampai sekarang komentar-komentar ga muncul. Berhubung karena di moderate itulah yang memunculkan pikiran bahwa komentar2 yang tampil adalah hasil seleksi. Mengingat hampir semua komentar di sana pada mendukung bahkan dengan bangganya mendukung tindakan beliau yang sungguh-sungguh tidak bijaksana itu. Tapi itu hak beliau sih, mungkin juga komentar2 yang memberi masukan positip tetapi tidak mendukung itu masuk aksimet. Who knows, tapi dari pemikiran yang membaca postingan itu ya seolah-olah menggambarkan adanya filterisasi komentar. Ditambah lagi dengan adanya moderasi makin memperkuat teori tersebut.
    Tapi mungkin karena banyaknya komentar di sana jadi bisa saja beliau ga meriksa-meriksa komentar yang mungkin kena aksimet.
    Omong2 mengenai aksimet, saya kok aneh ya banyak komentar2 yang masuk aksimet padahal sama sekali bukan spam. Aduh bingung dah kalo mikirin aksimet, sampe saya tiap hari harus ngechek aksimet dan menyortir komentar-komentar yang kena perangkap hehehehe.

    #ZALUKHU & PAM
    clear kan..? semoga tak ada salah paham lg ya
    oke deh, makasih untuk keduanya

  21. aRuL Says:

    saya belajar untuk waspada aja… baik itu dalam menghadapi orang maupun menulis blog🙂

    #ARUL
    bagus itu.. setujulah..

  22. syahrizalpulungan Says:

    bener bener cari sensasi ya…
    halah…..

    #SYAHRIZALPULUNGAN
    dan ketemupun sensasinya.. halah!

  23. ridobrown Says:

    kaga ngarti…

    #RIDOBROWN
    kaga perlu ngerti

  24. merahitam Says:

    Saya sudah membacanya. Satu pelajaran penting yang bisa saya petik adalah agar lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertindak, termasuk menulis sesuatu yang menyangkut orang lain.

    Semoga Julia baik-baik saja dan mau menulis lagi ya🙂

    #MERAHITAM
    yap, pelajaran yg sangat berharga.. cukup sekali itu aja deh!
    terima kasih simpatinya

  25. Mumu Says:

    OK.
    Saya bertanya karena yang saya baca dari postingan anda soal tujuan Julia mengirimkan e-mail tersebut adalah ini..

    “Ketika mengirim e-mail itu, tujuannya hanya satu, berharap orang yang katanya merupakan chairman dalam suatu event & kabarnya ada dalam jajaran petinggi suatu institusi *entahapanamanya*, bisa memberi warning pada para blogger lainnya secara bijak.”

    Jadi pemikiran saya, Julia memang sudah menyangka (dan mengharapkan) akan ada postingan mengenai hal penipuan tersebut.
    Namun tak menyangka (apalagi mengharapkan) namanya akan dibawa serta (begitu pula dengan nama-nama lainnya).
    Begitukah?

    Saya sekedar mengkonfirmasikan ulang bung!
    Karena memang saya belum jelas..
    Jangan sewot gitu donk..

    Kalau tidak bersedia diskusi dan dikonfirmasi, comment-nya di-off-kan saja..

    Terima Kasih..

    #MUMU
    uhm.. sewot..? siapa.. ga kebalik tuh.. ah, sudahlah..

    >>>memberi warning pd blogger lain secara bijak<<<
    bisa apa aja bentuknya, yg penting bijak..
    soalnya kl kita tau cara yg bijak, baik & tepat manalah mungkin minta tolong.
    apalagi mengingat status yg disandangnya, apa salah jika mengira dia orang yg tepat & mengerti caranya untuk memberitahu yg lain dibanding kita disini.. siapa yg kenal kita..? siapa yg mau dengar..? kl dia yg melakukannya, tentu jangkauannya akan lebih luas.. bukan begitu..? atau masih salah juga..?

    sekarang udah jelas belum..? kl belum, yg mana lg yg mau ditanya..?
    *duh, heran deh.. org koq mau nya marah2 aja.. bawa-an nya emosi tinggi.. ugh!*

  26. Cm4nk Says:

    Selalu ada yg khilaf dalam setiap langkah.. dewa sekalipun?? tapi sayang tidak ada blogger yang jadi dewa dan keturunan dewa…
    Oke lah Sang Chairman khilaf dan gegabah untuk yg satu ini..
    dan Julia juga punya andil dalam kekhilafan itu..
    apa kemudian… perang? atau kasus Roy Suryo vs Priyadi dkk harus berulang??
    Bukan memihak siapa2,tapi email itu memang ada benarnya untuk dipublish..terlepas dari nama-nama yg dicantumkan terlalu gamblang,yg akhirnya melukai sebagian blogger..
    Salam….

    #CM4NK
    masa sih dewa gak ada yg jd blogger..? orang itu banyak yg nyebut dia dewa koq..
    ah sudah lah gak penting..
    hmmm perang??? siapa yg ngajak perang..? di sini sih gak ada.. datang kesana di postingan ‘itu’ aja ngga koq..! ada sih 1x utk ungkap penyesalan.. dan sengaja pk imel org itu biar reader tau bahwa mmg yg koment dari sini, bukan org yg nyamar.. buktinya tau alamat imel org itu.

    postingan ini hanya mengcounter postingan di sana. menggunakan hak jawab apa salahnya kan..? kl dianggap ngajak perang ya terserah persepsi masing2lah itu.. walo terus terang kl mo diturutin kita jengkel bgt dg postingan itu, postingan setelahnya, setelahnya & setelahnya.. satire-satire apa ituh, dikira kita bego & ga ngerti.. Ah, sudahlah!
    tho kami gak nyampah di sana.. kami gak bekoar2 di sana.. beuh!

  27. ndutyke Says:

    sungguh sangat menyakitkan apa yg telah dialami Julia. Tabah ya Jeng.

    semoga kehidupan Julia di dunia maya yg nampaknya sampe mau bikin Julia bunuh diri, ga bikin Julia pengen bunuh diri juga di dunia nyata…

    *abis baca postingan ‘Mungkinkah masih pantas….’*

    #NDUTYKE
    justru dia sampe kepikir itu utk dunia NYATA saking merasa bersalah & menyesalnya..
    ini sungguh pelajaran berharga untuk kami semua, Jeng Tyka.
    harus benar2 selektif memilih orang kalau ingin mempercayakan rahasia, jgn sampe salah milih oknum sesat kaya kemaren..

  28. woelank Says:

    Sebenarnya saya merasa sangat sayang sekali apabila Julia terpaksa meninggalkan ranah blog hanya karena terpleset (masuk sumur, trus gempa sumur ketutup, abis gempa ngocor lumpur macam lapindo) nya seseorang yang selama ini dianggap arif.

    yang pasti saya menunggu curhat2 bebas berikutnya, males ambil pusing sama cerita si penikmat wanita dan si peminjam materi itu…..

    Juliaaaa…..
    kembali kau… cepat…..

    #JACK 2 WOELANK
    haha.. gak apa2 kan kalau hari ini saya yg replay komentarnya..
    yah belakangan ini kami sibuk sekali & hanya Julia sendirian yg ngurus rumah maya ini, mereply komentar sekaligus rajin kunjungan balik ke blog para komentator, makanya dia yg paling banyak teman.
    nanti kalau sudah siap, insya Allah Julia kembali kemari.. do’akan saja agar dia gak jadi mundur selamanya. kami juga sangat kehilangan, koq.. Terima kasih simpatinya ya

    salam kenalan dulu lah.. *biar dikangenin juga..*

    Jack Keitaro llahi, Alana Dahayu & aEro

  29. Mihael "D.B." Ellinsworth Says:

    4 kata :

    “Anjing menggonggong, kafilah berlalu.”😉

    #MIHAEL DBE
    kalo masih gonggong juga, sambit batu ato diracun ajalah.. daripada kita berlalu tp dia nekat ngejar & gigit.. digigit aja ogah, apalagi kl ternyata anjingnya RABIES..
    *sebenernya rada gimana gitu nanggepin koment satire gini.. gak jelas, siapa anjing & kafilah nya.. but think positive ajalah..😉 *

  30. dana Says:

    Makanya jangan buat orang mengira ngira dunk. Sampaikanlah maksud dengan lugas, tanpa disamarkan.

    #DANA
    mengira2.. disamarkan..
    *ngomong apa-an sih ni kaki..?!#@&%*^$$*

  31. silly Says:

    ahh, akhirnya dibuka juga blog ini kembali. Sayang loh, blog ini bagus, isinya memperkaya wawasan kita dengan tulisan2 yang bebas.

    Sekali lagi, saya cuma mo mebberikan dukungan pada Julia, terlepas dari saya kenal atau tidak siapa julia, dan julia kenal atau tidak siapa saya… saya rasa itu gak penting… mendukung org ketika orang itu terjatuh… membantu memapah ketika oranglain lemah dan tertatih2… menurut saya jauhhh lebih penting.

    Julia, I know your feeling… but never regret on what you’ve done. You’ve done your best, honey. Perkara cara penyampaian yg salah, mohon dimaafkan saja. Not because you dare to someone or because you are weak… But, we forgive somebody’s mistakes, for our own good. Gak enak rasanya melangkah, bawa2 sampah hati… iklasin ajah… urusan payback time or else… LEAVE IT TO GOD…

    Tugas kamu cuma nyampein… udah selesai… Move On, minta maaf pada sahabat2 yg link-nya di put disana… dan mohon para sahabat mengerti bahwa ini semua bisa membantu menyadarkan banyak org… bahwa ada banyak sekali orang2 jahat yang bredar di blogosphere ini…

    Blog saya yang lama juga saya tutup karena saya “that blog has an intruder” yang mengaku Secret Admire (SA), saya pikir orgnya pasti cerdas karena bisa membongkar pasword saya… brkali2… mengajak kencan, mengirimkan puisi dsb… dan saya tidak pernah menggapi sama sekali. I’m not that kind of woman anyway.

    So, ini bisa jadi bukti betapa banyaknya org iseng didunia maya ini. Kalau kemudian mbak julia berhasil mengumpulkan bukti2 itu, harusnya saya dan rekan2 blogger newbie mengucapkan terima kasih pada mbak julia.

    So, wake up babe… bangkit, dan berjalan lagi. Jangan biarkan ini menghentikan langkahmu.

    MOVE ON, NEVER LOOK BACK.

    Jangan ikuti kata hati untuk membalas dendan, jangan ikuti kata hati untuk mencaci maki… biarlah… itu urusan Tuhan… Urusan kamu hanya melakukan yg terbaik.. kalau merasa sudah melakukan yg terbaik… Percayakan semua, sepenuhnya sama KENDALI yg KUASA… HE’ll never let us experience bad moment in our life without any GOOD Reason.

    So… Don’t be so upset yah… bangkit lagi… berjalan lagi dengan kepala tegak, buat apa begitu marah pada diri sendiri.. Peristiwa ini toh bukan salah kamu 100%…

    beberapa hari yang lalu, regarding this matters,… saya menulis tentang menahan diri, memaafkan, bukan sbg tanda bahwa kita lemah, mbak Julia, tapi justru bukti bahwa kita BIJAKSANA, dan legowo…

    Posting itu untuk semua pihak supaya menahan marah, demi kebaikan kita bersama… posting ini tidak bermaksud untuk mendukung siapapun. Org bijak pasti bisa tahu mana yg benar dan mana yg salah, dan saya tidak dalam kapasitas untuk menjudge or pointing on somebody’s else nose. Siapalah saya ini, I’m just like ordinary people, who have no right to do that😀 .

    Semoga posting ini pun tidak ditanggapi macam2, kalaupun ada yang merasakan aura NEGATIVE dari posting ini saya mohon maaf… but I’d be grateful to God if you can consider this as a support for you Julia.

    Keep your spirit up. And be blessed!!

    salam hangat dan salam kenal lagi buat semua,

    Silly

    #JACK 2 SILLY
    makasih mbak, untuk simpati & dukungannya..
    gak lah, gak salah penyampaian nya tuh, malah makasih sekali
    gak ada balas dendam koq, walau sempat berang juga.
    postingan inipun bukan dalam rangka balas dendam, hanya mengcounter kata2 yg dilontarkan orang itu di postingan2 sana berkali2.. childish bgt orang itu ternyata.. gak ada puasnya nyentil2 terus..!
    biar orang yg di sana gak mentang2lah..

    saya baca kok postingan no follow itu & gak merasa ada aura negative. santay aja mbak.. kita juga gak nuduh mbak Silly dukung mana-mana. kita cukup dewasa kok untuk menghargai pendapat & pilihan orang lain. terima kasih sekali untuk imel2nya, walau baru satu yg sempat dibaca & dibalas Lia.
    Nanti kalau sudah siap dia akan balik ke sini. Kalaupun ngga, dia pasti akan baca & balas imel mbak Silly sekaligus mengunjungi rumah maya mbak untuk baca link2 yg mbak kasih kemaren itu..

    thanx ya mbak Silly, salam kenal juga dari kami

    Keitaro Jack Illahi, Alana Dahayu & aEro
    *oya ma’af banget belum sempat kunjungan balik. sibuk sekali & koneksi terbatas. kemarin2 memang Julia yg paling punya waktu banyak untuk reply & blog walking. sekarang bingung nih harus digimanain blog ini..*

  32. Daniel GM Says:

    aku ud baca tp kok ga ngerti banget ya… ngerti sih garis besarnya… tp biar ini jadi pelajaran kalo ga semua orang seperti yang kita pikirkan… ga sebaik yg kita kira, ga sebijaksana yang kita kira dst…..

    #DANIEL GM
    ya gitu deh.. heheee.. cape & bosen ngebahasnya..
    pokoknya tau garis besar & hikmah nya kan..? itu udah cukup kaya’nya, Niel..
    thanx yah

  33. Hendra Says:

    Yeah, itu comment-ku juga yang dikutip kan? I stand by my statement. Kalau dari awal bilang terserah, ya jangan nyesel atau protes. Ngapain juga kirim e-mail itu ke the so-called chairman? Ini dunia maya. Tidak ada pemimpin di sini. Semua adalah pemimipin atas dirinya masing-masing. Aku nggak bilang siapa yang salah siapa yang benar, soalnya aku juga nggak ngerti. Tapi aku ngerti satu hal: resiko mempercayai orang lain 100% ya seperti itu.

    Untuk Julia, life goes on. What’s done is done, and don’t waste your time crying over spilled milk. Just remember that even the best intention can have the ugliest result. Be more careful in the future. Believe me, I know the feeling. I’ve done a similar thing in the past.

    #HENDRA
    yayayaaa.. kita jg udah berkali-kali bilang itu kesalahan terbesar..
    ngapain juga ngirim imel ke orang itu.. yayayaaa.. ngapain, coba?!
    waduh, plis deh.. gausah mslh kirim imel ke orang itu bulak-balik dibahas lg..
    cape jwb nya plus bosen.. ya pokonya gitulah.. *fiuh!*

    pesan untuk Julia akan disampaikan..
    thanx lah

  34. noki Says:

    3 godaan yang sulit lepas, harta, wanita dan jabatan or popularitas.
    mudah2an noki ga 3 tergoda dg 3 hal diatas

    #NOKI
    wokeh..

  35. Blog Bisnis Says:

    waduh…. sulit juga yach🙂

    #BLOG BISNIS
    sulit gimana..?

  36. suprie Says:

    saya liat anda memposting komentar saya !!!
    sedikit pelurusan ! waktu cempluk disana , beliau tidak ada, gak hadir karena harus piket di kantor!
    ah sudahlah…

    #SUPRIE
    yasudah..

  37. suprie Says:

    see , siapa yang memoderasi komennya ???

    #SUPRIE
    MEMANG sekarang dimoderasi.. liat dong, baca lg tuh postingannya!
    lagian emang kenapa? ada masalah?

  38. HeNy Says:

    semoga bisa menjadi pelajaran….buat Julia yang sabar yah…and semoga blog ini tetap eksis..

    #HENY
    yap, pelajaran yg amat berharga.. trimakasih.. semoga..

  39. Iwan Rystiono Says:

    Walah…saya ketinggalan…kok saya ndak dikabari sih???

    *sibuk ngejar cewek-cewek*

    #IWAN RYSTIONO
    halah!

  40. sufiwanita Says:

    Salam kenal saya baru aja gabung, saya lagi sedih nih!,saya lagi bikin acara seminar syiar membahas soal RAHASIA SUKSES DI DALAM KETENAGAN JIWA YG DIADAKAN DI KOTA BALIK PAPAN yang akan dilaksanakan sehabis lebaran tetapi belum rampung, pusiiinng banget .saya bukan promosi loh….! sekedar melepas rasa penat aja buat acara seminar enggak apa-apa kan?…

  41. sufiwanita Says:

    Salam kenal saya baru aja gabung ,ketinggalan berita nich, saya juga lagih sedih dan pusing…banget,soalnya sebentar lagi acara seminar yang saya kerjain sebentar lagi bakal terlaksana .padahal kerjaan saya buat belum selesai pusing.pusing pussiiing

    #SUFIWANITA
    sabar.. sabar.. kerjain dulu satu2lah..
    semoga sukses ya

  42. Daniel GM Says:

    mudah2an dunia perblogan di damaikan dan dijauhkan dari orng2 yg tidak baik.. amiinnn…

    #DANIEL GM
    amiiin.. thanx

  43. Free WP Theme Says:

    segala hal di dunia ini tidak luput dari perubahan dan perkembangan. Bisa jadi si Ndoro yang disebut tersebut pada awalnya memang karakter yang bijak dan patut dipercaya, namun disayangkan di tengah perjalanan waktu prioritas nya telah berubah dan berkembang. Dan namanya perubahan atau perkembangan bermakna ambigu : bisa baik bisa juga jelek.

    Internet adalah dunia tanpa muka, dan bisa jadi juga merupakan dunia tak kenal belas kasihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: