Menguak Tabir Tanpa Emosi.. Gunakanlah Pantun Melayu!

by : Keitaro Jack Illahi


Tadinya sudah disiapkan sebuah postingan membara mengungkap fakta, tapi mengingat di sana teman di situ sahabat, kami urungkan niat. Terlebih Kawan Baik Ini pun kemarin sudah menginspirasi, jika semua sedang diliputi amarah baiknya jangan menambah masalah.
Draft awal siap tayang sepakat kami batalkan, dengan demikian kami undang Anda yang bertikai maupun yang selama ini hanya jadi penonton untuk datang menikmati pantun.

Cukup bawa kejernihan pikiran, kebersihan hati serta kejujuran diri jangan lupa tanggalkan emosi. Hingga diri Anda mampu menerima masukan ini dengan dada lapang..
Nikmati persembahan dari hati warisan tanah pusaka Kota Gurindam Negri Pantun..

Kepada Ayuk Eucalyptus..
Ibarat pepatah Melayu : pepat di luar rancung di dalam.. lahirnya bagaikan sahabat, tetapi ternyata bathinnya musuh.. Astagfirullah.. Kami tak sangka mampu sebegitu..
Hal besar apakah yang menjadi penyebab hingga bagai kerbau dicucuk hidung, menurut semua yg dikatakan walau tak tampak wujud sosoknya..
Ingat, iblis sedang mencari teman untuk akhirat. Ia tak nampak, tapi hasutannya nyata..
Tak sadarkah ini mahluk sejenis..?

Kalau luka di tangan karena pisau bisa disembuhkan dan ada banyak cara untuk menghapus bekasnya, tapi luka di hati karena kata dengan apa kita cari obatnya.. sungguh tiada cara yg mampu melenyapkan bekasnya..
Ma’af bila kami sok tahu, sekedar pengingat bagi yang lupa..

Buah saga berangkai-rangkai, jatuh berderu di taman raja
Jaga-jaga pegang perangai, sembarang laku jangan sahaja

Apalah tanda batang bengkal, batang bengkal banyak bukunya
Apalah tanda orang berakal, orang berakal bijak lakunya

Jangan kelam disangka terang, hati kelam disangka suci
Akal pendek banyak dipandang, jangan sampai hati kita dikunci

Hari panas jangan melaut, kalau ke laut kapal tenggelam
Hati panas jangan diturut, kalau diturut akalpun hilang

Kalau memagar rumpun bawang, pagar dahulu lapis-berlapis
Kalau mendengar pengaduan orang, cerna dahulu habis-habis

Banyak orang pandai berkitab, sedikit saja yang pandai bersyair
Banyak orang pandai bercakap, sedikit saja pandai berfikir

Kalau terbakar rumpun padi, eloklah terbang dibuat suluh
Kalau kabar belumlah pasti, eloklah buang jauh-jauh

Mengayuh sampan hingga seberang, sawo kecik ambil sebiji
Menuduh orang jangan sembarang, coba selidik sambil dikaji

Kalau sekali berderap-derap, lama-lama pastilah patah
Walau sekali bersalah cakap, pastilah sudah terhitung fitnah

Rusa dipanah kena di kaki, bawa ke atap dekat jendela
Luka difitnah terbawa mati, kemana maaf hendak dipinta

Kalau berkitab sambil menulis, jangan sampai dawat terbuang
Kalau bercakap dalam majelis, janganlah sampai mengumpat orang

Buah barangan masaknya merah, kelekat hati dalam perahu
Luka di tangan nampak berdarah, luka di hati siapa yang tahu

Kalau beratap daun talas, dapatlah hujan jatuh ke talam
Kalau bercakap sumber tak jelas, banyak yang dengar kan salah paham

Ukir-ukirlah si kayu jati, jadikan ia sebuah jambangan
Pikir-pikirlah sebelum terjadi, janganlah menyesal kemudian

Kalau batang sudah merundung, buah yg lebat menjadi luruh
Kalau orang sudah tersinggung, dulu sahabat menjadi musuh

Anak rusa cepat berlari, diikat kaki terlompat-lompat
Banyak harta dapat dicari, sahabat sejati payah didapat

Banyak orang renang-berenang, sudah terlupa ke jalan darat
Banyak orang bersenang-senang, mudah lupa dengan akhirat

Kera banyak tengah berhimpun, sandarkan galah pada pohon
Segera mintalah ampun, kepada Allah tempat bermohon

Sungguh elok berbatang lebat, redup rindang tiada basahnya
Sungguh elok orang bertobat, hidup tenang hilang dosanya


Kepada Ibu Gratcia..
Ntah harus berkata apa kepada Anda, ya Bu..
Usia yang banyak tidak membuat Anda menjadi bijak!
Ibarat pepatah Melayu : Bagaikan anjing berebut tulang.. Anda mencari muka ingin tampil duluan angkat bicara hingga hilang rasa kemanusiaannya.. Ups! Kasar sepertinya, tapi itulah Anda.. Harap Anda terima, tho Anda pun pernah mengasari orang juga.. Memangnya Anda pernah berfikir bahwa orang itu akan menerima perlakuan Anda? Jadi jangan salahkan bila kami pun tak perlu berfikir tentang itu saat mengatakan ini..
Lagi-lagi ibarat pepatah Melayu : Jangan membasuh dengan air liur.. jangan memperbaiki kesalahan dengan menambah kesalahan baru.
Jadi sudah sepantasnya Anda mampu bertindak bijak mulai hari ini..

Ada kura masuk ke lumpur, polong merambat kena di lengan
Anda itu suka ikut campur, tolong dijawab mengapa gerangan

Dalam menggali buah bengkuang, ikat dulu biji kenari
Jangan campuri urusan orang, lihat dahulu diri sendiri

Bila pinggan tak retak, tentulah nasi tak dingin
Bila Anda tak hendak, sungguh kamipun tak ingin

Bila pergi ke Bandar Muar, terasa penat mari bermalam
Anda melihat hanya dari luar, tanpa lihat isi di dalam

Kalau hendak masak belera, cencang dahulu tampuk putiknya
Kalau hendak angkat bicara, timbanglah dulu buruk baiknya

Kalau berkitab membaca syair, banyaklah orang datang mendengar
Anda bercakap tidak berfikir, banyak orang jadi bertengkar

Banyak orang mencari bunga, tidak perduli di tepi jurang
Banyak orang mencari muka, tidak perduli nistakan orang

Jangan suka membuka dada, dada terbuka lapuk bajunya
Anda suka mengada-ada, mengada-ada buruk lakunya

Jangan memalu-malukan arang, arang dipalu pecah terbelah
Jangan suka permalukan orang, lebih-lebih karena fitnah

Jangan mengipas-ngipaskan arang, kalau dikipas banyak baranya
Jangan suka memanas-manaskan orang, kalau panas banyak marahnya

Jangan menampi-nampi kacang, kalau ditampi busuk buahnya
Jangan mengapi-apikan orang, kalau berapi buruk akibatnya

Rusa banyak di dalam rimba, kerapun banyak tengah berhimpun
Dosa banyak dalam dunia, segeralah Anda minta ampun

Kepada Nona Adhini..
Anda masih muda tapi sukanya bikin perkara!
Inikah jalan yang Anda pilih untuk mendewasakan diri..?

Bunga melati bunga di darat, bunga seroja di tepi kali
Hina besi karena karat, hina manusia karna pekerti

Janganlah meletakkan parang patah, buat hulunya sebatang ruyung
Anak dara sebarkan fitnah, bikin malu ayah-bunda di kampung

Jangan patahkan atap mengkuang, atap patah kumbangpun lalu
Jangan fitnah sembarang orang, salah fitnah dirimu malu

Asam kandis jatuh ke tanah, dipijak tidak sengaja
Anak gadis suka memfitnah, merusak nama keluarga

Kain batik tak murah harga, dipakai mandi sayanglah sangat
Wajah tak cantik memfitnah pula, manalah sudi bujang mendekat

Banyak orang menjerat rusa, sudah terlupa meniup api
Banyak orang berbuat dosa, dia lupa hidup pasti kan mati


Kepada Novee..
Bicaralah jangan hanya menjauh dalam diam..
Boleh mengalah tapi jangan pernah sudi dijadikan keranjang sampah kumpulan yg salah.
Memang menyakitkan, bila sahabat sendiri berteriak memaki tak pakai hati. Bagaikan panas dihapus hujan sehari.. Persahabatan sekian lama terjalin bisa hancur karna ulah mahluk asing yg slalu sembunyi bak banci tak bernyali..
Katakan semuanya, biar hatimu lega. Apa yg terjadi setelahnya serahkan kuasa Tuhan yg mengaturnya, yang penting sudah berani menyuarakan kebenaran sebagai hak untuk membela harga diri yg sudah begitu dinistakan dan diinjak-injak dengan sadis beringas..

Mestinya keliru bila mengira semua tak mau memihakmu karna diri yg tak bergelimang berharta, tapi untuk kasus kali ini dengan berat hati kami sepakat untuk membenarkan apa yg kamu rasa.
Harumnya wangi kemewahan terhirup sanubari hingga membutakan nurani..
Kami yakin lahir-bathinmu teramat lelah karna dipaksa hadapi itu semua hingga hati pedih berdarah..
Tapi lihatlah sisi baiknya, kamu dapat melihat dg jelas mana kawan dan mana lawan..
Masih ada sosok teman sejati yg sejak awal mempercayaimu sebagaimana dirimu yg ia tahu, yg tanpa sungkan berani berteriak membelamu meski tau siapa lawannya di sana..
Walau lebih banyak teman yg selamatkan diri memilih diam dalam bungkam, sembunyi pura-pura tak perduli, kadang ikut berteriak membelamu namun hanya mampu dalam hati..
Ada pula teman yg mendua hati.. Kemarin memihakmu, esoknya turut menuduhmu lalu hari ini ikut bersimpati pada nasibmu..
Ironisnya beberapa teman yg kamu hampiri dan bantu sepenuh hati tanpa diminta, namun saat kamu terpuruk mereka sampai hati tertawa gembira di sana..
Bahkan ada pula teman yg terhasut.. Awalnya selalu di dekatmu, tempat berbagi hingga menjadi tumpuan harap untuk menuntas perkara, akhirnya malah tak lagi percaya, turut mencerca, menghujat lalu minggat!

Dunia ini sungguh panggung sandiwara yg ceritanya mudah berubah!

Penat sudah kau tanam padi, nenas juga ditanam orang
Penat sudah kau tanam budi, emas juga yg dipandang orang

Pergi berburu sampai sempadan, dapat kancil badan berjalur
Biar carik baju di badan, asal hati bersih dan jujur

Apalah tanda pisang tanaman, pisang tanaman banyak akarnya
Apalah tanda orang beriman, orang beriman banyak sabarnya

Sungguh elok berbatang lebar, tidak nampak basah kuyupnya
Sungguh elok orang penyabar, tidak nampak susah hidupnya

Kalau kita tidak bersuluh, jangan takut bulan bersinar
Kalau kita tidak bermusuh, jangan takut berkata benar

Kalau berbuah ada ranumnya, bila cendawan ada kelatnya
Kalau menyanggah ada hukumnya, bila melawan ada faktanya

Daripada merambah buluh, cobalah simpan bunga cendawan
Kalaulah difitnah oleh musuh, janganlah diam ayo melawan

Kalau kita tidak bergalah, jangan takut membentang kajang
Kalau kita tidak bersalah, jangan takut ditantang orang

Anak ular mati terpukul, anak tapah selam menyelam
Yang benar pastilah timbul, yang salah akan tenggelam


Kepada Eiven..
Kami tak yakin Anda nyata atau siluman.
Mungkin Anda hanya siluman rekayasa manusia usil kurang kerjaan hingga berhasil menembus logika wanita-wanita bodoh di sana yg haus pujian lengah rengekan..
Kalaupun nyata, pastinya Anda hanyalah sosok manusia keji durjana, yg gemar berdusta, memecah belah dan menyebar fitnah, mengenakan topeng berwajah lugu tak berdosa, termehek-mehek cengeng mengharap iba dengan menyebar kisah berlumur duka nestapa penuh derita dan berlinang air mata..
Hei! Anda ini sebenarnya berkarakter lelaki sejati ataukah banci?!
Tak cukupkah carut marut persahabatan dunia maya Anda ciptakan?
Menggiring opini hingga menistakan orang.. mengabarkan kebohongan hingga semua saling mencela & bertatap curiga.. Apa mau Anda???
Terserahlah Anda itu siapa, nyata atau bahkan tiada.. Hari ini Anda bisa saja kabur, lenyap tak berbekas, lari lantas sembunyi bagai tikus.. tapi kapan hari dengan mudah Anda bisa dan saya yakin pasti kembali lagi..
Tak penting pula mencari tahu apa alasan Anda berbuat senista itu, karna bagaikan mencari jejak di air.. Sia-sia, buang waktu, kurang kerjaan!
Siapapun, berhati-hatilah pada orang ini..
Ibarat pepatah Melayu : Masak di luar, mentah di dalam.. tampak luar bagai orang baik, padahal nyatanya tak demikian..

Matahari terang bersinar, hari panas ke hulu mandi
Tak berani bilang yg benar, lebih pantas disebut banci

Buah srikaya di puncak gunung, jadi hidangan datuk panglima
Walaupun kaya tujuh gedung, perangai buruk tidak berguna

Banyak orang mandi berenang, tidak perduli kapalnya karam
Banyak orang mencari senang, tidak perduli halal dan haram

Dari Banten ke Tanjung Kandis, berlayar ditumbang angin utara
Lagi berhadapan mulutnya manis, balik belakang lain bicara

Uncang buruk tak bertali, kian kemari tergantung-gantung
Bujang busuk cari simpati, kesana kemari meraung-raung

Matang sungguh buah duku, kurang cepat dimakan kalong
Jangan tiru sifat begitu, bujang bejat si tukang bohong


Akhirnya..

Kalau busut beranai-anai, manalah buluh menjadi sirih
Kalau kusut tidak selesai, manalah keruh menjadi jernih

Kalau busut cari bangkalnya, bila buluh cari bukunya
Kalau kusut cari pangkalnya, bila keruh cari hulunya

Mana galah digalahkan juga, kalau layar dilayarkan pula
Mana salah disalahkan juga, kalau benar dibenarkan pula

Kalaulah tahu patah akarnya, tebanglah pohon sekecil-kecilnya
Kalaulah tahu salah benarnya, timbanglah hukum seadil-adilnya

Patah kecil kita tampunkan, patah besar kita tumbangkan
Salah kecil kita ampunkan, salah besar kita timbangkan

Galah besar bergalah kecil, galah kecil kita lapisi
Salah besar kita perkecil, salah kecil kita habisi

Kalau keladi sudah ditanam, janganlah lagi meminta talas
Kalau budi sudah tertanam, jangan terlupa untuk membalas

Kalau makan keladi muyang, jangan lupa pada pangkalnya
Kalau termakan ke budi orang, janganlah lupa pada asalnya

Buah talas pohon di bukit, ambil galah gotong dekatkan
Curhat bebas memohon pamit, kata yg salah tolong ma’afkan..

29 Tanggapan to “Menguak Tabir Tanpa Emosi.. Gunakanlah Pantun Melayu!”

  1. ulan Says:

    si omen menanak nasi..
    komen lagi..
    *kabuuurr*

    #Ulan
    idih…. omen koq menanak nasi…. kl malem pasti pake stoking yaaaa????

    nih pantun spesial buat Ulan biar jingkrak2..

    ada bulan di dalam taksi kena semprit, nona Ulan sungguh seksi…. swit-swiiiitttt!

    terang bulan di Cibubur, Ayang Ulan kok kabuuuurrrr

    hahahahahahahaaaaaaaaa………

  2. priasanepo Says:

    Lam kenal deh..

    priasanepo.blogspot.com >>

    Consultant and Investigator of Love

    #Priasanepo
    salam kenal juga..
    wah, kalo itu mah kamipun ahlinya..
    jd kamu aja yg konsultasi ke kita :)

  3. Juanita Amalia Says:

    Abang Jeeeeeeeeek………! pa kabaaaaaaaaar??? Bengkulu masih kayak dulu? Pasir Putih masih bersih?
    apa seeeeh……… kagak penting banget prolognye!

    ma’aaaaphhh kagak bisa buru2 dateng pas terima undangan, tau sendirilah koneksi kantor kita

    ngngngngng……… suwer gue speechless mo komentar ape!
    secara yaaaa loe tau lah bang……… mereka yg dua itu gimane hubungannye ama kita2……… gue pun kagak nyangka banget. sumpede!
    koq bisa yaaaa kata2 menyakitkan kayak gitu terlontar untuk sahabatnye sendiri cuman karna dengar kabar yg kagak jelas juntrungannye dari setan yg kagak jelas penunggu pesugihan di gunung mane………
    gue aje yg liat forward skrinsyutnye ampe syok, pegimane ybs coba???
    wajar aje kalo die jd nangis bombay behari2, dendam segunung sampe nyumpahin yg serem2 buat mereka semua yg pd ngejahatin. ngeri!
    masalahnye die orang pada tau kagak seh, kalo doa orang terdzolimin kan didenger Allah, apalagi gue yakin banget koq itu semua fitnah n kagak mungkin banget die kayak gitu.

    yg bikin gue tambah heran, pas gue klik link si adhini ternyata die cewe berjilbab!
    setdah!!! makin kagak beres aje ye jilbaber jaman sekarang. moral udah jd nomor seratus sekian, yg penting ngetop! jijay ga seh!!!
    mao jd cewe model ape seh looooooeeeee?????!!!!!
    loe insap napaaaaaaaaa!!!!!!!!!

    trus ibu2 ituuuuhhhh huh! kagak etis banget seh tuh orang tua ikut campur komentarin urusan yg die kagak tau permasalahannye! sok jadi kompor mledug, ikutan pindah profesi jadi PROVOKATOR kelas odong-odong, giliran semua tambah panas, die girang banget kali tuh, sampe gue rasa die bakalan joget gergaji sambil ngebor!
    kalo emak gue kayak gitu, gue setrap tuh! malu2in aje!

    oiye bang, tau kagak………? kan kita nih ikut2an dituduh!
    lucu banget kagak seh?????!!!!! kita masup blog eklusip ntu aje kagak bisa, karna kita kagak diundang koq! pegimana bisa kita ikut komentar di rumah gedong itu!
    yaelaaaaaaaaahhhhhhhhh……… tau deh, tauuuuuuuuu kita nih cuman dipandang sbg blogger gembel, jd emang kagak pantes dpt undangan. kita nih cuman pantesnye jd tertuduh doang. sebel gue, jd emosi tingkat tinggi neh!!!!!
    yg nyangka kayak gitu punya otak apa kagak seh! sekali2 otaknye dipake buat mikir bener kek, jangan cuman mikirin utk berbuat jahat ke orang laen. PLISDEH!

    #Julia
    ahirnya kau mau muncul juga di rumah kita, neng….! jgn setega itulah….
    ayo minta surat tugas ke Bengkulu, kita jalan2 lg…. kemaren nemu tempat baru yg bagus. indah banget pokoknya, mantep buat gitaran semalem suntuk sambil bikin api unggun
    penasaran kan….!

    ttg kasus itu, gua jg menyesali banget kenapa orang begitu mudahnya menjatuhkan kata untuk menyakiti orang lain pdhl kabarnya belum pasti. sama aja tuh kaya si….
    oooopsssss!!!! gak jadi deh, sama aja ngorek luka lama ya Jul….
    sampe sekarang gua pun ikutan merasa bersalah karna setuju untuk menyerahkan urusan penting pada manusia barbar yg bodoh, gak penting & gak punya hati…. shitt!

    ttg selentingan tuduhan yg mengarah pada kita sebagai oknum komentator di blog eksklusif gua pun udah dengar. biar ajalah mau dituduh apa kek, mereka pikir kita pengangguran kurang kerjaan kali! ngurus blog sendiri aja jarang, mana mungkin kita sibuk masuk blog orang yg undangannyapun kita gak punya.
    tp ada untungnya kita gak termasuk dalam list tamu kehormatan, Jul….
    jd kalo ada masalah kaya gini, cuma orang tolol gak tau malu yg nekat nuduh kita. jelas otaknya cuma isi angin & dibuat dari tepung terigu! hari gini mmg nya orang tolol masih musim ya?

  4. Juanita Amalia Says:

    setdah……… gue lama kagak ngeblog n bw, sekalinye komentar kok kesurupan ampe panjang bener kaya postingan……… wakakakkkkkkkkkk
    ma’aph bang, gue hilaph………

    sekalian mao nanya neh………
    ngumpulin pantun seabreg2 gitu dari mane n brapa taon? beneran tuh ngembat kitab pusaka leluhur?

    gue mah bisa nya cuman
    ahmat albar naek ojek, apa kabar bang jek?
    jalan2 liat penyu, makan2 yuuuuuuuuu
    naek bis nunggu di rel, plis go to hell
    apa lagi yaaaaaaaaa……… ada neh!
    buah pete buah kedondong……… eh apa seh lanjutannye?????????
    kite makan sate doooooooooooooooooooongngngng
    wakakakakakkkkkkkkk gue yakin loe bakalan tendang gue ampe gunung galunggung!
    kabur aaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh

    #Julia
    makanya ngeblog lagi doooong!
    dulu blog ini paling aktif pas ada elu.. jd sunyi sepi gini deh!
    yah, soal pantun apa harus sangsikan orang Melayu Tanah Gurindam….?
    buah kwini buah kedondong, sini doooong….!

  5. nop Says:

    heheee banyak pantunnya.. warisan leluhur Kota Gurindam Dua Belas Pas!

    iya Jack, gw juga bingung.. apa sih kesalahan gw sebenernya sampe dia tega bener ngomongnye koq gitu amat ke gw.
    kapan gw pernah jahat ama dia coba? biar gw mikir sampe botak, rasanya gw ga pernah ngejahatin dia ato ngomongin dia yg ngga2.
    tp kalo sekarang sih gw terus terang sering ngomongin dia.
    sering banget malah! wajarlah, sapa sih yg senang dituduh yg ngga2 kaya gitu. sumpah Demi Allah deh, satupun tuduhan dia itu ga ada yg pernah gw perbuat. siyal! si bangsat itu yg jahat koq jd gw yg kena sasaran makian.. kampret!

    yg paling nyebelin tuh komentar G itu. beuh, rasanya mo gw remek2 bibirnya! tau apa sih dia? koq brani2nya komentar sembarangan kaya gitu, kaya dia yg paling bener sedunia ajah! pake bilang MALU segala..

    PLIZ DEH! setelah dia nanti tau buktinya bahwa gw ga bersalah, apa dia juga bakalan mengakui jadi MAHLUK YG PALING MEMALUKAN DI DUNIA???
    yg adil dong! dia merasa malu jd cewe karna kelakuan gw yg dia tuduhin, pdhl itu semua fitnah. apa sekarang ga lebih malu tuh?
    susah sih, kalo mo nyuruh orang yg suka CARMUK untuk tau malu..!
    dan gw yakin koq die itu ga pernah merasa bersalah pernah jahat ke gw.. soalnya gw ga yakin manusia kaya dia punya hati!

    lebih2 yg namanya ADINI. syapa sih dia??? BLOGGER KONDANG KAH???
    tolong ya, kalo emang mo TENAR pake cara yg bener, jgn nyebar fitnah!
    sok ngetop banget sih! gw ga tau blog dia yg mana, boro2 nick YM apalagi nomor Hp dia! CUIH!!! Najong bencong! Ngayal ketinggian..!
    coba yah, ngaca dulu kalo mo ngaku2 terkenal hingga gw sudi ngapalin url blog dia, tau nick YM bahkan nomor HP nya. Dasar cewe aneh sakit jiwa!

    adalagi itu-tuh PARA MANTAN SAHABAT GW yg amat sangat SOK TAU sampe tiap liat komentar aneh pikirannya KOTOR langsung nuduh kata2nya novee banget
    ke neraka aja lo semua!!! sumpah gw benci banget ama lo pada!

    srius deh, gw ga pernah ikhlas atas smua hujatan, fitnah & tuduhan yg mereka lempar ke muka gw. mereka semua harus dapat balasannya.
    maaf sih boleh2 aja gw kasih brapapun yg mereka mau, tp mereka harus terima hukumannya, biar besok2 ga enteng mulut lagi.
    itu baru namanya adil..

    laa illaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minadzdzoolimiin

    #Novee
    Gurindam 12 Pas! dasaaaarrrr!!!!
    udaaaahhhh yg waras ngalah aja, yg penting itu semua bisa untuk catatanlah
    paling tidak, kita dapat point nya, siapa mereka sesungguhnya kan?
    kita gak perlu sibuk kasak-kusuk mencari tau, tp mereka sendiri yg tunjukan mereka itu sejatinya kayak apa, langsung dari mereka dan di dpn org banyak sebagai saksi dg bangga mereka buka kualitas mereka yg cuma sampe situ doang….
    kasihan ya! hari gini hati mereka masih Allah kunci untuk menerima sifat baik & berfikir yg baik2 untuk orang lain. gak ngerti juga tuh apa yg didapat dg mendzolimi orang sampe kaya gitu. lebih2 orang yg dia kenal baik.
    semua yg baca kata2 dia pastinya langsung mikir isntan : wah, dengan sahabat sendiri dia bisa menghujat sekejam itu, bagaimana dg orang lain….?
    ibarat pepatah : fikir dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna
    ah, sudahlah…. terlambat!

  6. nop Says:

    oiya satu lagi..

    utk si laki2 pengecut tukang fitnah yg katanya nyaris mampus
    gw ga punya kata2 lagi utk ngegambarin betapa gw muak dg segala cerita bullshitt karangan dia selain FUCK YOU!

    #Novee
    hahahahahahaaaaaaaaaaaaaa
    bisa juga lu maki manusia kardus jadi2an itu nov!
    bener2 pakiyu deh tu orang….

  7. ichaawe Says:

    kalo saya disini cuma pengen satu. ..supaya clear.
    Tolonglah … yg mengaku eiven, yg mengaku dirinya sakit2an, yg mengaku ga bisa bersuara normal lg, yg mengaku ganteng, yg mengaku turunan jepang, yg mengaku punya pom bensin, yg mengaku bla bla bla *gw ga tau lg, secara mang ga pernah deket * … tunjukkan dirimu. Kalau memang dirimu begitu..tunjukkanlah.
    Kalau memang begitulah sang Eiven, please tunjukkan wujudmu!!! tunjukkan depan kami, depan ayuk … supaya kami tau akan kebenaran.

    Spiderman, Ksatria baja hitam, superman, batman, ultramen taro… toh akhirnya menunjukkan diri mereka masing2…jika memang disaat genting .. dan memang hrs ditolong.

    Gw rasa alasan pita suara bukan sebuah alasan toh?? knp hrs malu?? Gusdur yg bermata sebelah bak bajak laut aja ga malu2 menampilkan diri, mencalonkan diri, bahkan terpilih.
    Ayo, saya tantang kamu eiven … untuk tunjukin diri kamu. saya mau liat kamu bertemu langsung dgn bunda evie, bunda yg kamu sayangi itu.

    alternatif kedua … jika …jika si sang Eiven tidak juga bs menunjukkan wujud aslinya … ayooo tolong yg bertanggung jawab … mbak uttie … http://uttie.co.cc ..seorang yg memang katanya pegawai mas Eiven … yg pernah datang kerumah ayuk tuk bawain kado dr Eiven …ayo tunjukkan diri …dan berikan bukti2 dan tolong lah keluar loooh jeng.
    Ditolong dong supaya si Eiven mau ketemu sama ayuk Evie.

    Atau jgn2 si Eiven itu mbak Uttie??? wedew …

    Terakhir … jika si Eiven akhirnya dah ketemu Ayuk … *jikalau si Eiven ini benar adanya*
    Saya cuma pengen kelurusan dr Eiven … untuk minta maaf dan meluruskan semua hal2 yg gak beres …. fitnah2 yg sdh tersebar … karena memang seharusnya dr awal …ini semua tugasnya Eiven untuk menetralisir suasana… bukannya malah ngompor2in suasana.
    Kasian kan … dua sahabat ribut2 gara2 seorang Eiven.

    INTINYA:
    Siapa siy Eiven??? sampai bisa bikin hati dua orang yg bersahabat belasan tahun sampai porak poranda … hebat kamu ven .. sungguh
    sungguh hebat
    Selamat!!! ANDA LAYAK DAPAT BINTANG!!

    #Icha
    kita pun…. tadinya mau posting gila-gila an panas membara, tp korban nya bilang gak usah krn udah gak selera ngurusin orang sakit jiwa, nanti lama2 gila nya pindah ke kita…. :)
    yasud, akhirnya saya posting dokumen warisan leluhur
    yah siapa tahu manusia kardus jadi2an itu kepanasan bak setan dengar ayat al Qur’an gitu…. heheee….

    emang sih Cha…. jaringan oknum ini aneh….
    yg wujud manusia cuma yg namanya Utti itu…. sisanya invisible….
    katanya ada shallom yg datang ke jakarta, tp gak pernah kedengaran main ke tempat Ayuk Eucalyptus…. saya udah baca lho chatt nya semua…. jd kalo dia bilang korban nya tergila2, itu bohong! gak ada kata cinta 1 pun buat si manusia kardus koq, yg ada malah tips2 kecil ttg amal ibadah atau nasehat apalah, untuk kesembuhan gitu spt tentang terapi air yg di jepang. setau saya Ayuk kan selalu dpt laporan nya. nah kenapa gak dibaca, paling nggak kan bisa dikroscek….
    tp asli deh manusia kardus ini jahat banget, banyak mutar balik fakta…. bahaya! penyakit sosial nya udah kronis, tinggal nunggu ditabokin malaekat doang tuh…. :)
    mau nya saya sih kalo bisa nih…. yg udah pd berumur itu bisa lebih arif & bijaklah, jgn kaya anak kemaren sore gitu. kl saya mgkn masih panteslah…. saya kan masih terhitung bau kencur :D

  8. tan Says:

    bah…. di sini juga ternyata posting!

    awalnya saya ga begitu tau masalah ini, tapi semuanya jadi jelas setelah saya ketemu langsung orangnya *lirik2 sang korban*.
    yakin saya, awalnya hanya salah paham tapi malah makin memanas dengan pitnah bejat, plus gosok2 sana-sini khas tukang adu domba.

    klo mo lihat masalah ini dengan jernih, bertemu saja-lah para pihak dengan kepala dingin, dengan lapang dada, begitu kata bang jack. clearkan masalahnya dengan merunut kronologisnya kebelakang, lantas tanyakan juga kenapa bisa meluncur rumor bahwa korban naksir pelaku? apa iya bener faktanya emang begitu?
    jangan2 malah sebaliknya!!

    bicaralah para pihak, dalam sebuah konfrensi meja bulat, dengan keadaan santai dengan kepala dingin. damai itu lebih indah lho…

    saya percaya kok gada yang mustahil, jika para pihak berani unjuk gigi, menunjukkan batang hidungnya bicara jujur antar para pihak,
    tanpa campur kaki siapapun
    .

    ato mungkin saya perlu meng-amini kata2 mba icha?

    INTINYA:
    Siapa siy Eiven??? sampai bisa bikin hati dua orang yg bersahabat belasan tahun sampai porak poranda … hebat kamu ven .. sungguh sungguh hebat
    Selamat!!! ANDA LAYAK DAPAT BINTANGIN, KERANA TAMPAKNYA ANDA MENDERITA MASUK ANGIN KRONIS!!

    eh btw, apa kabar BUNDA Icha? lama tak bersua, masak apakah hari ini? :mrgreen: *asa hayang utah euuyyy…*

    #Tan
    geleng2 liat kelakuan lu……… masuk angin kronis apakah bisa bikin jiwa dia terganggu kronis????!!!!
    ttg acara kopdar para pihak, masalahnya korban masih sudi ketemu gak???? mikir lg kan lu………? secara kan lu udah denger langsung apa katanya………

    gua pun heran dg rumor taksir-menaksir itu……… logikanya ya, mana ada orang tergila2 dg yg gak keliatan kan? pantesnya justru si oknum yg tergila2 karna wujud korban jelas beneran ada karna sering kopdar dimana2.
    itu yg bikin rumor plus menyebarkannya mikirnya pake apa sih………

    peluk-peluk bundaaaa……… sun tangan bundaaaa………
    ASTAGA!!!! nulis itu bikin gua mendadak mau……… BOK*R!!!!
    ups! sori…. soalnya gua trauma gara2 beberapa hari ini kata2 itu terpaksa jd bacaan wajib, efek sampingnya sekarang tiap ingat kata2 itu perut gua mulessss

  9. aEro Says:

    buset, bang jack sejak kapan lo pinter berpantun? kebanyakan sok tau nih pantunnya, tapi keren lah empat jempol dari gw.

    ga nyangka perkara ini sampe juga kesini, walo ternyata ga pake draft yang lama. gw setujulah bang jangan nambahin perkara orang, ga semua orang bisa nerima urusannya di campurin, walau maksud kita mungkin emang mo jadi penengah.

    gw sebenarnya ga habis pikir klo bisa jadi beginih, setau gw ayu n nopi itu kan sohib deket banget. trus sekarang malah dilanda silang sengkarut macam begini.

    dibaca dari posting atas sih, pasti ada sebab2 dahsyat, dan yang memicu ini gw yakin juga punya rencana yg udah dia susun, entah buat apa. mungkin pertikaian ini emang udah jadi tujuannya, ato lebih dari itu, pertikaian ini cuma salah satu jalan dia mencapai tujuan utamanya? ato semacam itulah.

    entahlah,,, semua serba ga jelas. karena pemicu-nya ternyata punya mental pengecut dengan bersembunyi pada karakter piktip yg dia ciptakan. ga berani muncul, buat sekedar bilang “ini gw!!”.

    watdehel…

    ntar sambung lagi, mo ada kuliah nih gw.

    #aEro
    Gua jitak lu….! sok tau dari hongkong tp lu bilang keren juga…
    kuliah sana-sana…. kuliah mulu gak selesai2

    aneh banget tuh emang…. bukan menjawab ttg aktor intelektual dibelakangnya
    malah si nopi terus yg dikejar2 dari urusan bahas mimpi, chatt di genteng dsbll
    ampun deh.. yg pd intinya, mereka tuh gak tau harus jawab apa…. haha
    jwb dong ttg kenapa menuduh si nopi yg koment, si nopi yg sms dsbll
    apa yg jd dasar, kenapa gak klarifikasi dulu….
    lucu ya…. dia aja gak klarifikasi pas nuduh orang tp minta kita klarifikasi
    dunia ini emang aneh…. semakin aneh karna penuh orang yg hatinya sempit
    sampe sekarang dia ga punya bukti bahwa tuduhannya emang benar
    koq gak malu ya…. masih aja berkoar2 & menghujat
    buktikan dulu, baru bicara…. itu baru namanya orang berakal
    capeeeeeeeee…. astagfirullah’aladziiiimmmm………

  10. Bayu Says:

    Kunjungan perdana kang…

    Salam kenal kang, salam hangat dari Bumi Seganti Setungguan… :)

    #Bayu
    Salam kenal juga dek..
    Salam hangat kembali dari Bumi Gurindam Duabelas…. :)

  11. ndutyke Says:

    waduh, kesana-kemari pada ngebahas hal yang sama.
    jadi penasaran :( tp ga tau mesti baca postingan dimana untuk tau akar permasalahannya…
    mpok novee gimana kabar ya?

    #Ndutyke
    mmmm…. gimana yaaaa…. heheeee
    *jd cengengesan gak jelas saya….*

  12. Iwan Rystiono Says:

    Ada apa sih neh…??? Lama ga kesini kok jadi amburadul gini …

    Aku baca, ngubek2 postingan, tapi tetep aja ga ngerti ada apa…

    Jule, jelaskan ke abang dong…via email ya…:D

    #Iwan Rystiono
    :-S umbbb…. koq yg ditanya yg lain….
    mang nyang posting sape baaaang….

    gak ada org nya Wan, dah lama resign dari Curhat.
    kemaren doang itu sempetin dateng & koment coz…. yaaaa lo ‘tau’ lah….

  13. asmus Says:

    waduh, jack juga post ini?
    segitu gede ya efeknya…

    cuma nyumbang doa aja moga2 cepet clear…

    #Asmus
    yah namanya dg kontributor blog curhat ditambah lagi kita gak mungkin tinggal diam utk sebuah pendzoliman….
    baiklah, trima kasih doa nya yaaaa….

  14. Mo Says:

    postingan membara mengungkap fakta, sepeti apa itu postingan yah…. seru pasti..!

    #Mo
    ya sih…. tp urung, salah satunya krn ybs minta gausah diperpanjang, yg waras ngalah.. heheeee

  15. Kopi Tozie Says:

    Wadduh sayang saya gak bisa pantun…
    enak ternyata jadi penonton cuma terseyum simpul sambil berpikir makna langitan dari pantun yang dibawakan, mendingan Kampanye Damai aza dech

    #Kopi Tozie
    ya, penduduk pulau jawa memang jarang pakai pantun spt kami di sumatra, tp kl betawi sepertinya pakai pantun juga, contohnya lagu jali-jali…. itu kan syairnya pantun banget….
    silahkanlah yg mau tersenyum2 sebelum senyum dilarang & selamat berkampanye juga bagi yg punya waktu utk Kampanye Damai….

  16. noki Says:

    weik banyak banget pantunnya

  17. pengendara Says:

    ga’ ngerti jalan ceritanya,
    .
    tapi moga-moga masalah ini cepat selesai,
    .
    kepada yang bertikai masing-masing bersabar yah,
    .
    salam kenal

  18. gadis rantau Says:

    setelah membaca dan postingan diatas saya kok jadi pengen unjuk gigi ya. dan sekali lagi, saya juga setuju dan sependapat dengan komentar dari mama icha dan tan. btw, buat tuan rumah salam kenal…postingan mampu membangkitkan “gairah” diri ini. kita tunggu, saya pun akan menunjukan pada nove bahwa dia memang tak bersalah.

    #Gadis Rantau
    Wah syukurlah kalo Mba Gadis sdh bisa bangkit…. semua yg terpuruk krn tak bersalah memang seharusnya dikasih semangat & kekuatan di saat yg lain beramai2 meninggalkan
    itulah gunanya teman sejati.
    makasih komen nya ya.. salam kenal juga dari kami

  19. gadis rantau Says:

    setelah membaca komentar dan postingan diatas saya kok jadi pengen unjuk gigi ya. dan sekali lagi, saya juga setuju dan sependapat dengan komentar dari mama icha dan tan. btw, buat tuan rumah salam kenal…postingan mampu membangkitkan “gairah” diri ini. kita tunggu, saya pun akan menunjukan pada nove bahwa dia memang tak bersalah.

  20. gadis rantau Says:

    duh,kok jadi terpublis dua sh komen saya. maap,maap, net lagi dodol banget nih.
    sorry ya bukan maksud saya untuk nyepam lho. swer.

    #Gadis Rantau
    santai aja, mba Gadis…. gak papa koq
    3 lagi juga masih boleh…. hahaha

  21. gadis rantau Says:

    ngintip artikelnya lagi ya. lagi mau siap siap publis about that. jadi lagi BW nyari link2 yang sehubungan dengan prahara santa clara,hue…he…txs

    #Gadis Rantau
    hahaaaa…. emang ada link apa di sini Non?
    oya barusan dapat kabar, katanya si Nona yg kmrn HOAX SMS ada posting ttg itu
    hehe sekarang dia mengaku difitnah. bisa gitu yaaaa gak tau malu!
    Ada kucing beranak kucing
    Dasar maling tereak maling!
    Hahahahaaaaa cape deeeehhhh

    btw…. kita beberapa kali ke tempat kamu koq gak bisa koment ya
    dan waktu hari apa tuh malah gak bisa masuk sama sekali.
    bingungin deh kotak komentar nya blogspot. pindah ke WP aja non….
    WP lebih asik lho dan kita jd bisa satu kampung kan hehe

  22. gadis rantau Says:

    he..he..iya. si nona cantik itu ada posting yang daku anggap juga semacam klarifikasi gituh. daku sendiri yg ngerasa sebagai korban pertama, jadi tambah binggung. tapi saat ini emang gak bisa mencari siapa yg benar dan salah. mau gak mau emang menuntut kita harus bersikap bijak. ya,akhirnya daku memilih menghargai langkah apapun yg ditempuh rekan2 yang ngerasa difitnah.

    secara pribadi, aku sendiri juga akan melakukan hal yg sama yang disini aku berharap bahwa semua menyadari ada “manusia tanpa kelamin” yg telah mengadu domba. hingga menyebabkan perpecahan semacam ini. begitulah”kacamataku” setelah mencoba diam sambil “mempelajari” akan problem ini.

    buat author blog ini, daku harus mengakui bahwa daku harus berterima kasih. karena aku jadi banyak peroleh “bahan” akan sesuatu yg tak daku ketahui selama ini. again, txs ya?

    #Gadis Rantau
    cantik yahhhh…. *oya?*

    kalo gua meragukan itu, non…
    si banci itu hanyalah rekayasa & oknum2nya kini mulai nunjukin diri
    haha! pasti heran kan….

    mudah aja sih…. sebagaimana gua percaya pd si nopi, gua juga percaya pd eucalyptus
    bukan percaya makian & tuduhan eucalyptus lho ya, karna gua yakin itu terjadi karna hasutan oknum-oknum itu & emosi tak terkendali, hingga gelap mata & gak bisa berpikir jernih….

    yg gua percaya, kata2 eucalyptus ttg SMS yg dia tuduh ke si nopi
    gua percaya dg kata2 dia, bahwa ADA yg bilang bahwa si dini ngaku terima sms dari nomor si nopi.
    sekarang yg jadi KUNCI-nya adalah SIAPA yg bilang itu.
    nah…. OKNUM yg bilang itulah TERSANGKA BIANG KEROK nya.
    mudah & amat masuk akal kan….?

    si DINI sendiri kah yg bilang ke eucalyptus? kalo iya, MAKSUDNYA APA??? kenapa sekarang malah posting yg intinya GAK NGAKU malah ikut-ikutan merasa difitnah. berarti eucalyptus dong yg fitnah si dini…. karna yg bilang itu kan BUKAN si nopi, tapi eucalyptus. hahaha…. itu jelas2 dia tulis sendiri di blog nya waktu dia maki-maki si nopi, kan???? si nopi hanya copas kata2 eucalyptus sebagai DASAR yg bikin si nopi marah.
    nah lho!!!! gimana tuh…. SEKARANG si dini nuduh difitnah eucalyptus kah????
    hahahaaaa…. hayo lo….!

    lantas kalo bukan si dini yg BILANG ke eucalyptus, jadi siapa? karna gua percaya eucalyptus GAK MUNGKIN bohong, eucalyptus gak mungkin tiba2 fitnah si dini yg notabene SAHABAT nya mahluk rekayasa itu.
    walo pada akhirnya justru dia memfitnah si nopi SAHABAT nya sendiri, padahal eucalyptus kan gak lihat dg matanya sendiri wujud BUKTI FISIK sms itu….
    *ini patut disayangkan, karna kabar yg gua dengar eucalyptus ini seorang SH, sudah sepatutnya tuduhan HARUS WAJIB MUSTI disertai bukti & bukan sekedar KATANYA…. enak aja! ini kan urusan nya dg fitnah, jd harus dg bukti dong….*

    INTI nya adalah : SIAPA yg memberitahu HOAX SMS itu????
    kalo si dini MERASA sok difitnah, silahkan aja marah pd YG PERTAMA BILANG ITU di ruang publik…. heheheeee….

    *aneh yaaaa…. rasanya si nopi yg DIHUJANI cacian & fitnah, tp kenapa tiba2 banyak mahluk yg merasa PALING tersakiti…. plis deh yaaaa jangan lebay & bersinetron!!! muak gua liat kepalsuan2 elu pada….*

  23. Jilid DUA « Curhat Bebas Says:

    [...] Curhat Bebas Saatnya bicara blak-blak-an soal apa aja « Menguak Tabir Tanpa Emosi.. Gunakanlah Pantun Melayu! [...]

  24. gadis rantau Says:

    ya. yg aku dengar juga gitu. si andini dan utti dapat teror SMS.tapi faktanya sekarang si dini malah bilang enggak dapat teror SMS tuh. apakah dia mau “cuci tangan” atau kah karena ada fihak kedua yg sengaja membuat cerita palsu?

    #Gadis Rantau
    yah…. mungkin si dini pikir semua orang sama dudul nya hingga bisa dikibulin dg air mata buaya hehe
    kalo mau NGELAK SEBAGAI PENYEBAR HOAX SMS, tolong cerita yg bener & jelas, jgn lagi pake tepu2
    kan dia sendiri yg bilang ke eucalyptus bahwa dia dpt sms dr nomer si nopi. anehnya, buat apa dia pake rahasiain 3angka terakhir kan????
    sekarang jelas jawabannya : UNTUK MENGELAK KALO ADA APA2 DI KEMUDIAN HARI
    yah, seperti yg si nopi bilang di postingan itu, supaya bisa BELAGAK PILON…. hahahaaaa kebaca banget niat busuknya kan!

  25. bali Says:

    kalau ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi he he…

    dari pagi nih belum mandi juga …

    kaburrrr….

    eit pantun juga ahhh

    ngisor mejo ono ulane…
    Ojo gelo wis dadi carane…

    salam dua jareee…

    #Bali
    mandi dulu gih..

    *gelo.. gelo.. apa sih*

    salam lima jareeee.. dadah maksudnyaaaa

  26. gus Says:

    hanya ingin mengantar sebuah link. yang saya tulis menjelang lebaran lalu. semoga banyak hal yang bisa terselesaikan dengan hati lapang. bukankah manusia tempat menumpuk khilaf dan salah? http://semarangreview.blogspot.com/2008/09/jika-hati-sejernih-air-jangan-biarkan.html. salam perkawanan dari semarang.
    (gus- yang pandir dan dloif)

    #Gus
    baiklah.. terima kasih..
    tp tidak seharusnya manusia menumpuk khilaf & salah bila ingin berjumpa dg-Nya
    sudah seharusnya manusia menumpuk amal kebaikan kl ingin masuk surga..

  27. ceceh Says:

    bibi iyar bwa anggur, ceceh bawa ikan tengiri
    biyar nganggur, ceceh tau diri

    klw ada sebung kus nasi, klw ga ada dua bngkus nasi….

    btw orng yg ahli puisi pasti badan nya bau teri ama terasi, habis nya klw mndi ga perna pke sabun mandi, jarang gosok gigi lgi,
    jdi aku mau unjuk gigi malu sendiri, ntr di kira cwo paling sex saya lagi

    males2n bikin badan sakit, klw lu ga blz pasti lgi ga pnya duit

    #Ceceh :( xyzxyzxyzxyzxyz

  28. ceceh Says:

    cari cwe rada2 susah, tapi cari tapi cari tmn gampang

    slm knl aja buat semua yg suka puisi
    aku minta sarat ga kurang ga lebih
    klw ada cwe Bandung yg lgi di jkt, slm geber2 dari don celeng alias ceceh edun amahoooy
    anak bandung kesepian di pancoran, bapa pulang barari

    #Ceceh
    minta sarat? :( kok kaya dukun.. :( salam geber2 salam apa-an.. xyzxyzxyzxyz

  29. Apakah Mereka Satu? « Spina Mimosa Says:

    [...] udah mampus* menghilang tanpa bekas ibarat di telan buaya. sehingga penyelesaian masalah disini dan disini pun menjadi kian tak jelas. Alih-alih muncul secara jantan, dia justru bersembunyi di balik [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: